Mengapa Harus Menggunakan Internet Banking?

Hampir semua bank memiliki fasilitas internet banking yang bertujuan untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi. Fasilitas ini, bahkan terkadang dilengkapi dengan promo internet banking, dengan harapan semua nasabah tertarik untuk menggunakan fasilitas ini. Namun sayangnya, masih ada saja nasabah yang tidak tertarik menggunakan internet banking. Padahal, sebenarnya fasilitas ini sangat bermanfaat loh, tidak hanya bagi pihak bank saja, tetapi juga untuk nasabah bank tersebut.

Jadi, apa saja yang manfaat menggunakan internet banking :

Bank

Fasilitas ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban kerja teller, khususnya untuk transaksi transfer, baik transfer antar rekening maupun antar bank. Selain itu, fasilitas ini juga mengurangi beban kerja ATM dan bisa dibilang mendukung upaya go green loh. Kok bisa yah?

Internet Banking

Jika transaksi transfer dilakukan di teller ataupun ATM, pasti kita akan menerima kertas bukti transaksi. Lalu akan kita apakan kertas tersebut? Pasti akan kita buang kan, setelah memastikan bahwa transaksi yang kita lakukan sudah berhasil. Namun, semuanya akan berbeda jika kita memanfaatkan internet banking untuk transaksi ini. Semua bukti transaksi yang kita lakukan akan tersimpan dalam komputer atau gadget yang kita gunakan. Kita hanya perlu mencetaknya jika kita membutuhkan saja. Artinya, kita sudah menghemat penggunaan kertas untuk hal yang tidak terlalu diperlukan.

Nasabah

Keuntungan untuk nasabah, sudah jelas kan? Fasilitas ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Tidak hanya transaksi transfer saja, fasilitas ini juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi lainnya, seperti isi ulang pulsa, pembelian pulsa listrik, belanja, dan sebagainya. Selain itu, kita juga bisa mengawasi berbagai transaksi yang terjadi pada rekening kita melalui fasilitas mutasi. Dengan mengawasinya secara berkala, kita akan dapat segera mendeteksi jika terdapat sebuah transaksi aneh yang terjadi dalam rekening kita.

Pada beberapa bank, internet banking ini bahkan bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Dengan begini, dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya, selama kita memiliki koneksi internet kita akan bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Menggunakan fasilitas internet banking ini memang sangat memudahkan nasabah, namun ingatlah bahwa selalu ada kelemahan di balik kecanggihan sebuah teknologi. Karena itulah, kita yang harus cerdas dan lebih berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi ini. (Vita)

Share on Facebook2Share on Google+1Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0