Apa Bedanya Router dan Modem?

Bagi kalian yang memiliki perangkat elektronik seperti laptop, tablet, atau ponsel, pastinya kalian sudah mengenal router dan juga modem. Bahkan kalian sudah paham betul bagaimana cara membuat koneksi internet PC lebih cepat. Hanya saja, banyak masyarakat yang mengira bahwa modem dan juga router merupakan dua hal yang sama. Tidak banyak yang tahu bahwa keduanya berbeda dari segi cara kerja dan juga fungsi. Nah, sebelum kalian mencari tempat jual router wifi atau bahkan membeli modem, coba cek artikel berikut, ya. Lihat apa perbedaan antara kedua perangkat ini.

  1. router dan modemJumlah layer. Modem dan router memiliki jumlah layer yang berbeda. Pada modem, layer yang ada berjumlah dua sementar router memiliki tiga layer.
  2. Modem merupakan bagian dari perangkat internet networking sementara router merupakan perangkat networking saja.
  3. Cara kerja. Masih berhubungan dengan poin dua, modem bertugas untuk menerima dan mengirimkan data melalui sambungan telepon. Sementara itu untuk router, tugasnya hanyalah untuk mengarahkan data menuju jaringan.
  4. Jumlah port. Modem memiliki dua port; satu port untuk melakukan koneksi ke ISP dan port satunya berfungsi untuk melakukan koneksi ke router. Untuk router sendiri jumlah port-nya bervariasi antara dua, empat, atau delapan buah.
  5. Modem harus dioperasikan menggunakan koneksi internet sementara router tidak sehingga bisa menyediakan keamanan tambahan untuk melakukan koneksi yang sifatnya internal. Namun jika ingin terhubung ke jaringan internet, router masih membutuhkan bantuan modem.
  6. Modem tidak dilengkapi dengan network security sementara router memiliki tingkat sekuritas yang lebih baik.

Nah, ternyata modem dan router ini cukup berbeda dari segi penggunaan dan cara kerjanya. Namun demikian, keduanya ternyata saling mendukung satu sama lain. Untuk penggunaannya, kembali lagi pada prioritas masing-masing. Jika kalian termasuk ke dalam golongan orang yang mobile dan harus selalu terkoneksi dengan internet, disarankan untuk membeli modem atau wireless modem karena bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Harganya juga sangat murah dan ramah di kantong, lho! Gimana menurutmu? Semoga membantu dan selamat berburu perangkat yang diinginkan 😀

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0