4 Tips Sederhana Menghemat Penggunaan Listrik

Harga Apartemen Alam Sutera dan cicilan rumah yang harus dibayarkan setiap bulan sudah mahal, yakin mau tetap boros listrik setiap bulan? Apalagi apartemen dengan dengan Tema Geometris yang sekilas jika diliat membutuhkan lampu yang lumayan banyak. Meskipun demikian apapun konsep dan tema yang diterapkan seharusnya bisa dikendalikan dalam pemakaian listriknya.

hemat listrikWell, tidak bisa disangkal, meski tidak terlalu terasa karena sudah biasa, pembayaran listrik yang kita bayarkan setiap bulan tergolong tinggi, lho. Padahal, pengeluaran ini bisa dipangkas sedikit atau bahkan setengahnya jika kita mau jeli dan konsisten dalam menghemat penggunaan listrik. Hmm, bagaimana sih caranya? Simak dalam artikel berikut ini:

  1. Nyalakan pendingin ruangan saat diperlukan. Biasakan untuk menyalakan pendingin ruangan hanya ketika kita membutuhkannya, misalnya di malam hari saat tidur. Memang, berada di dalam ruangan yang menggunakan pendingin ruangan terasa sangat nyaman. Akan tetapi, ternyata AC ini memakan daya listrik yang cukup tinggi. Menyalakannya hanya ketika kita membutuhkan ternyata mampu membantu menghemat listrik.
  2. Matikan lampu di pagi dan siang hari. Ketika matahari sudah terbit, matikanlah lampu di dalam dan luar ruangan dan manfaatkan cahaya alami dari matahari. Kita sering lupa mematikan lampu karena menganggap hal ini tidak terlalu berdampak pada listrik padahal sebenarnya tidak demikian. Rajin mematikan lampu di pagi dan siang hari, serta hanya menggunakan ketika dibutuhkan sangat membantu memangkas penggunaan listrik.
  3. Lepaskan semua kabel. Seberapa sering kita membiarkan kabel terus terpasang di stop kontak padahal kita sudah selesai menggunakannya? Pastinya sering sekali, ya apalagi setelah mengisi daya ponsel atau laptop. Nah, mulailah untuk mengubah kebiasaan ini. Pasalnya, meski sudah tidak digunakan untuk mengisi daya, kabel yang terpasang ini terus menerus memakan daya listrik di rumah.
  4. Matikan semua arus listrik saat ditinggal tidur. Televisi, laptop, dan perangkat elektronik lainnya harus dimatikan saat malam hari untuk membantu memangkas pengeluaran listrik bulanan. Meski terkesan sederhana, ternyata cukup membantu mengurangi penggunaan listrik. Tidak hanya itu, hal ini juga membantu kita untuk mengamankan rumah dari kemungkinan yang tidak diinginkan karena perangkat elektronik terus terpasang.

Itu dia cara sederhana untuk memangkas listrik di apartemen atau rumah. Semoga membantu dan selamat mencoba 😀

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0