Tips Aman Menggunakan Genset

Semakin banyaknya toko yang jual genset listrik dengan ukuran cukup minim, membuat banyak orang mulai menggunakannya untuk keperluan rumah tangga. Misalnya digunakan di rumah saat sedang ada pemadaman listrik. Apalagi untuk rumah yang memiliki bayi, lansia, atau seseorang dengan penyakit tertentu di mana keberadaan listrik jauh lebih dibutuhkan dibanding dalam kondisi biasa.

Namun, genset tetaplah sebuah alat yang memiliki risiko jika disimpan secara sembarangan. Baik risiko untuk kesehatan hingga risiko kebakaran. Untuk itulah, jika Anda berencana untuk menggunakannya, ada baiknya memerhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  • Letakkan di ruang terbuka

Pada saat genset dinyalakan, alat tersebut pasti akan mengeluarkan gas pembuangan yang sifatnya beracun, yaitu karbon monoksida. Jika genset diletakkan di ruang tertutup terlebih di ruang yang berhubungan dengan area dalam rumah Anda, maka risikonya Anda bisa keracunan akibat menghirup gas buang tersebut. Jadi, pastikan genset diletakkan di ruang terbuka sehingga gas buang tersebut bisa langsung mengalir ke alam bebas.

  • Selalu cek bahan bakar

Pastikan Anda mengecek tersedianya bahan bakar sebelum menyalakan genset. Selain itu, pastikan juga tidak ada kebocoran apapun pada genset yang menyebabkan bahan bakar mengalir ke luar. Sebab, pada saat mesin bekerja maka suhunya akan naik. Jika ada kebocoran bahan bakar maka risiko terjadinya kebakaran akan meningkat juga.

  • Jauhkah dari area mudah terbakar

Seperti yang telah disebutkan, ketika mesin dinyalakan, maka suhu mesin akan naik. Jika di sekitarnya ada berbagai benda mudah terbakar seperti minyak, kertas, kain, daun kering, dan sebagainya, maka risiko kebakaran akan sangat besar.

  • Periksa MCB panel

Untuk memastikan listrik mengalir stabil dan penyebarannya teratur, pastikan Anda mematikan MCB panel saat menyalakan genset. Sebab aliran listrik yang tidak baik dapat menyebabkan terjadinya korsleting dan tentunya sangat berbahaya.

  • Lakukan perawatan

Sudah pasti, semua hal butuh perawatan dengan cara yang tepat, termasuk juga genset. Pastikan Anda selalu melakukan perawatan berkala meskipun genset tidak sering digunakan. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu cek semua kabel dan sambungan, ganti oli atau pelumas secara berkala, pastikan tidak ada kebocoran, dan perawatan lainnya.

Semoga setelah memerhatikan semua hal di atas, genset di rumah Anda selalu beroperasi dengan normal dan aman ya.