5 Tips Open Paid Promote Kampus Kamu Lewat Instagram

Paid promote adalah salah satu cara yang kini banyak dilakukan oleh mahasiswa untuk memperoleh dana bagi acara yang ingin diselenggarakan. Paid promote kampus melalui Instagram, yang jadi salah satu media sosial paling banyak digunakan adalah trik mendapatkan dana dengan cara yang mudah.

Secara umum paid promote merupakan promosi berbayar dan yang dapat dilakukan melalui sosial media Instagram. Jadi kamu akan menyediakan jasa paid promo kepada online shop atau para pebisnis yang ingin mengiklankan usaha mereka.

5 Tips Open Paid Promote Kampus Kamu Lewat Instagram

Gambar: Unplash

Nantinya kamu akan mendapatkan uang dari online shop yang membutuhkan media untuk pemasaran secara efektif. Biaya ini nantinya bisa kamu gunakan sebagai dana usaha di organisasi atau acara kampus yang ingin diselenggarakan.

Tips Membuka Paid Promote Kampus untuk Dana Usaha

Bisa dibilang bahwa paid promote menjadi ide kreatif untuk dana bagi mahasiswa. Saat ingin mencari dana dari cara ini, tentu kamu harus paham mengenai prosesnya dan juga cara agar bisa sukses mengumpulkan dana lebih banyak.

Gambaran umum dari alur paid promote kampus sendiri adalah dengan mendata terlebih dahulu followers dari akun masing-masing anggota dari organisasi atau panitia di kampus. Jika sudah tahu berapa banyak jumlah followersnya baru bisa membuat paket promosi untuk diajukan.

Biasanya harga paid promote disesuaikan dengan jumlah followers seperti 1k followers adalah seribu rupiah untuk satu kali posting. Jadi perlu minimal 20k followers jika ingin membuka paket. Baru setelah paket dibuat, kamu bisa mempublikasikan dan menawarkan kepada pemilik usaha.

Jika ada pebisnis yang tertarik dengan open paid promote kampus yang ditawarkan maka setiap mahasiswa harus mempublikasikannya di akun mereka. Nah disinilah kreativitas akan diuji karena penting untuk mempersiapkan konten untuk dipublikasikan yang menarik.

Berikut ini beberapa tips supaya program paid promote di kampus yang sedang dijalankan berhasil sehingga bisa menarik lebih banyak pebisnis lain untuk ikutan.

Paid Promote

Gambar: Fat Stack Blog

1. Gambar Iklan yang Kreatif dan Sesuai

Jangan asal posting gambar dari produk yang dimiliki oleh klien kamu. Gambar atau foto akan memberikan dampak yang begitu besar untuk efektivitas iklan. Bisa juga memanfaatkan video agar lebih menarik.

Sesuaikan foto, gambar atau video yang dibuat sudah disesuaikan dengan produk. Jangan lupa untuk menunjukkan rencana konten postingan kepada pemilik usaha. Informasi produk yang dibutuhkan oleh klien juga harus dijelaskan dalam konten dengan benar.

2. Membuat Caption yang Sesuai dengan Gambar

Caption and gambar/ foto/ video menjadi satu kesatuan yang wajib diperhatikan. Saat ini konten yang storytelling lebih menjual. Supaya caption menarik, sebaiknya belajar bagaimana copywriting yang benar sehingga nyambung dan tampak natural.

Jika kesulitan membuat, kamu bisa mempelajari dulu dari postingan akun publik lainnya yang memperkenalkan sebuah produk. Bagaimana mereka membuat tulisan yang nyaman dibaca dan terlihat friendly

3. Memilih Waktu Posting yang Tepat

Pada paket paid promote yang kamu buat, sebaiknya sertakan juga jam atau waktu posting akan dilakukan. Waktu paid promote yang tepat akan jadi pertimbangan besar bagi pemilik usaha. Ada beberapa waktu yang efektif di mana pengguna Instagram meningkat.

Jam tayang efektif biasanya pada awal minggu dari Senin sampai Rabu. Kemudian jamnya bisa fleksibel dari 6 pagi sampai 9 malam tergantung sasaran konsumen dari usaha tersebut. Jangan lupa berikan keterangan juga apakah postingan tersebut akan tersedia selamanya atau hanya satu kali kemudian dihapus dalam jangka waktu tertentu.

4. Memberikan Data yang Lengkap

Mencari toko online atau usaha yang ingin tertarik paid promote kampus tergantung bagaimana kamu bisa menyajikan data dengan lengkap. Bukan hanya sekedar informasi follower dan juga paket paid promote saja. Ada beberapa data yang bisa disampaikan kepada calon klien agar menarik seperti screenshot aktivitas dari beberapa akun dengan followers tinggi. Kemudian memberikan data pertumbuhan followers.

Data Lengkap Paid Promote Instagram

Gambar: Unsplash/Carlos Muza

Bahkan setelah klien tersebut sudah membayar dan konten selesai diposting kamu perlu memberikan screenshot insight dari akun tersebut. Tujuannya untuk memperlihatkan efektivitas iklan, termasuk chat yang masuk.

5. Memilih Akun Online Shop

Sebagai penyedia jasa paid promote kalangan mahasiswa, kamu harus memilih dengan teliti online shop mana yang akan dipilih atau ditawarkan jasa ini. Jangan sampai kamu terjebak dengan produk yang kurang mendukung seperti tidak memiliki pasar di kalangan mahasiswa.

Kamu bisa memilih klien dengan melihat terlebih dahulu akun online shop yang mereka miliki. Apakah akun tersebut terlihat profesional? Cirinya adalah memiliki followers lebih dari 1k dengan foto produk menarik dan banyak sorotan.

Online shop juga sebaiknya menawarkan produk yang aman seperti sudah terdaftar di BPOM. Cek juga apakah produk mereka halal atau tidak. Jangan sampai kamu salah memilih online shop yang produknya tidak sesuai.

Bukan mendapatkan untung, tapi justru banyak orang yang melihat jadi kecewa karena produk tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi pastikan untuk memilih dengan benar produk yang ingin dipromosikan.

Dilihat dari konsep paid promote kampus ini, tidak ada modal sama sekali yang harus dipersiapkan. Jadi tidak heran jika kegiatan ini sering dimanfaatkan mahasiswa untuk mendapatkan dana usaha. Apakah kamu tertarik mencobanya? Jangan lupa ikuti tipsnya agar sukses.