Yuk Bermain Biola

Biola merupakan salah satu alat musik yang mulai banyak digemari oleh masyarakat saat ini. Meskipun peminatnya belum sebanyak gitar, namun sudah banyak toko alat musik yang menyediakan alat musik ini. Sehingga, tidak sulit bagi kita untuk membelinya jika ingin belajar.

bermain biolaNah, untuk kamu yang sedang berminat untuk belajar memainkan biola  ini, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai cara memainkan alat musik gesek ini. Beberapa hal ini, diharapkan dapat membantumu agar dapat lebih cepat menguasai alat musik ini. Apa saja sih hal penting tersebut? Yuk kita bahas.

  • Bow (Alat penggesek biola)

Baik biola yang baru saja dibeli ataupun biola lama yang sudah tidak digunakan dalam jangka waktu panjang, biasanya rambut atau bulu pada bow akan mengendur atau lemas. Nah, bulu ini harus dikencangkan terlebih dahulu sebelum memulai memainkannya. Caranya sederhana, yaitu dengan memutar sekrup yang ada pada bagian ujung bow. Putar terus hingga jarak antara tangkai kayu bow dengan bulu hanya sekitar lingkaran pensil.

  • Senar

Sama seperti alat musik gesek pada umumnya ataupun alat musik petik, biola juga memiliki senar. Saat akan memainkan senar, sudah pasti kamu harus mempersiapkan senarnya terlebih dahulu. Periksa dan pastikan senar masih dalam kondisi baik agar tidak putus saat sedang dimainkan. Kemudian, selanjutnya kamu harus menyetem senar dengan tepat. Urutan nada pada senar biola ini, dimulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Ingat ya, senar biola ini berbeda dengan senar gitar. Jadi jangan pernah menyamakan cara menyetemnya dengan caramu menyetem senar gitar, karena bisa berakibat putus saat dimainkan.

  • Posisi biola saat bermain

Biola selalu diletakkan pada pundak sebelah kiri saat dimainkan. Tujuannya, agar bow dapat dimainkan secara bebas tanpa terkena penghalang apapun. Jika kamu masih sangat pemula, memposisikan biola sesuai dengan kenyamananmu bukanlah masalah. Namun, ada baiknya jika sambil kamu belajar, kamu juga berusaha untuk mulai memainkan biola sesuai dengan posisi yang benar. Apalagi jika kamu ingin menjadi seorang pemain biola profesional. Posisi saat memainkan biola ini sangatlah penting.

Selain mengetahui cara memainkannya, kamu juga harus tahu cara merawat alat musik biola. Dengan begitu, alat musik kesayanganmu itu akan siap dimainkan kapanpun kamu mau. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0