Wisata Sejarah ke Goa Jepang, Bandung

Bandung, merupakan kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Dulu, sebelum tempat wisata di Bandung sebanyak sekarang saja, hotel di Bandung selalu penuh setiap akhir pekan. Apalagi sekarang, ketika jumlah tempat wisata terus saja bertambah. Ditambah lagi, konsep tempat wisata yang ada di kota ini adalah wisata alam, yang tentunya dapat merefreshingkan pikiran setelah pusing dengan berbagai kegiatan keseharian. Maka jangan heran, jika warga Jakarta sangat senang sekali berwisata ke kota ini di saat akhir minggu atau libur panjang.

Goa Jepang BandungBanyaknya wisata alam yang ada di kota ini, terkadang membuat para wisatawan lupa bahwa sebenarnya kota ini juga memiliki tempat wisata sejarah. Goa Jepang, merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi jika kamu senang berwisata sejarah. Tenang saja, kamu tidak akan kehilangan kesempatan untuk berwisata alam jika mengunjungi tempat ini, karena goa ini berada di dalam hutan. Sehingga kamu tetap bisa menikmati segarnya udara alam saat berwisata ke sini.

Goa ini berada di dalam kawasan tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Djuanda, yang merupakan kawasan konservasi dengan luas 590 hektar. Ada sekitar 2500 jenis tanaman yang ada di dalam kawasan ini. Untuk mencapai Goa Jepang, kamu tidak membutuhkan perjuangan ekstra, karena jaraknya terbilang cukup dekat dengan pintu masuk. Selain itu, kamu juga hanya perlu mengikuti papan petunjuknya saja untuk sampai ke sana.

Sama seperti Goa Jepang lain yang ada di beberapa lokasi di Indonesia, Goa Jepang ini juga dibangun  oleh Romusha pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Romusha diperintahkan untuk bekerja tanpa henti, akibatnya cukup banyak korban berjatuhan saat pembangunan goa ini. Pada masa itu, goa ini digunakan sebagai tempat peristirahatan tentara Jepang dan juga sebagai tempat penyimpanan logistik (senjata, amunisi, dan berbagai logistik lainnya). Ketika Jepang akhirnya menyerah pada sekutu, tentara Jepang yang berada di Bandung menjadikan goa ini sebagai tempat pertahanan terakhirnya sebelum kembali ke negara asalnya.

Ketika masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan beberapa lorong yang cukup gelap. Kamu harus benar-benar berhati-hati agar tidak tersesat di dalamnya. Apalagi, ada beberapa lorong dalam goa ini yang diyakinin merupakan lorong jebakan. Selain itu, pada beberapa bagian goa ini juga terlihat belum selesai direnovasi. Bahkan masih terlihat banyak semak dan pepohonan tua yang berada di area goa ini. Tidak hanya itu saja, kamu juga mungkin akan menemukan adanya beberapa amunisi yang tertinggal di area ini.

Selain Goa Jepang, di kawasan ini masih banyak tempat wisata lain yang akan sayang loh untuk kamu lewatkan. Jadi, jangan lupa untuk berkunjung ke taman hutan raya ini ya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0