Wisata Kelas Memasak di Bali

Saat berlibur di Bali, kebanyakan dari Anda pasti terpesona dengan rasa kuliner khasnya yang sungguh nikmat. Entah itu makanan yang disajikan oleh hotel di Bali tempat Anda menginap atau di restoran-restoran yang Anda kunjungi di sana. Nah, Anda bisa loh belajar memasak kuliner khas Bali ini saat berwisata ke Pulau Dewata ini.

Wisata Kelas Memasak di BaliCooking class atau kelas masak kuliner khas Bali ini menawarkan pengalamanan yang lain dari pada yang lain saat berwisata ke Bali. Kegiatan wisata yang mulai populer sejak tahun awal 2012 lalu ini banyak ditawarkan
oleh berbagai restoran dan hotel di Bali. Misalnya saja Restoran Casa Luna yang dipandu oleh chef Janet DeNeefe dan timnya, yang telah mengajar kelas memasak sejak tahun 1987.

Selain Casa Luna ada juga Kelas Memasak Paon Bali di Ubud yang dikelola oleh sepasang suami istri asli Bali. Berbeda dengan Casa Luna yang dilakukan di hotel, kelas memasak di Paon Bali ini dilakukan di rumah mereka yang khas Bali sehingga sangat terasa “keaslian” Bali-nya. Selain belajar memasak, peserta kelas pun dapat mengetahui struktur rumah tradisioal dan cara hidup keluarga Bali.

Kelas memasak ini dibagi menjadi dua waktu yaitu pagi dan sore hari. Peserta terdiri dari satu grup yang bisa terdiri dari rombongan atau bukan. Setiap peserta masing-masing akan dijemput dari hotel di Bali tempatnya menginap. Setelah itu mereka akan menuju pasar tradisional untuk membeli bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak. Khusus untuk berbelanja ke pasar tradisional ini hanya bisa dilakukan untuk kelas memasak pagi saja.

Di pasar para peserta yang kebanyakan wisatawan asing ini bisa berinteraksi dengan para pedagang mengenai bumbu-bumbu yang digunakan sambil sesekali mencoba buah-buahan atau jajanan pasar Bali. Setelah itu, peserta masak akan dibawa menuju persawahan Ubud.
Proses memasak seluruhnya dilakukan oleh peserta mulai dari mencuci, memotong, menumbuk, hingga menggoreng atau merebusnya. Masakan yang telah matang akan langsung bisa disantap oleh peserta secara bersama-sama. Rasa masakan ini terasa lebih nikmat karena merupakan hasil kerja keras sendiri. Bagian cuci piring, tenang saja, itu akan dilakukan oleh asisten di sana.

Tentunya ini pengalaman menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berlibur ke Bali. Yuk, wisata sambil memasak! (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0