Wisata Edutainment ke Museum di Bali

Bagi yang sudah sering berlibur ke Bali dan berencana liburan ke Bali lagi mungkin bingung mau ketempat wisata apa. Gak mungkin kan kalian sudah di Bali tapi cuma menikmati fasilitas Hotel di Bali saja? Kenapa tidak mencoba wisata edutaintment, terutama bagi kalian yang punya anak kecil wisata ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

wisata museum di baliWisata edutainment yaitu kegiatan berwisata kesuatu tempat sekaligus menambah pengetahuan mengenai suatu hal. Saat ini wisata edutainment sudah menjadi pilihan orang tua untuk membantu mereka mengajarkan berbagai hal kepada anaknya. Untuk anak sendiri wisata ini akan membuat mereka belajar tapi tidak membuat mereka merasa tertekan karna mereka akan belajar sambil bermain. Salah satu tempat yang paling sering di jadikan wisata edutainment adalah museum.

Mengenal sejarah dengan mengunjungi museum bukan lagi hal yang asing. Museum juga sering dimanfaatkan oleh sekolah untuk kegiatan study tour. Ada beberapa museum yang bisa kalian kunjungi:

  • Museum Kerang

Jika kalian senang mengumpulkan kerang di pantai, museum ini bisa menjadi tujuan wisata yang tepat untuk kalian. Di museum ini terdapat ribuan jenis kerang yang bisa kalian lihat. Kerang yang ada di museum ini tidak hanya diambil dari perairan Indonesia saja, tetapi dari perairan seluruh dunia. Selain itu museum ini memiliki kerang dengan berbagai ukuran dan umur, bahkan ada yang umurnya diperkirakan mencapai 395 juta tahun.

  • Museum Gunung Batur

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif di Bali. Di dalam museum ini kalian bisa belajar berbagai hal tentang gunung ini, antara lain sejarahnya, film dokumenter, bahkan kalian bisa melihat peralatan yang digunakan oleh para ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Dengan menggunakan teropong di ruang pengamatan kalian bisa melihat langsung keindahan Gunung Batur.

  • Museum Subak

Museum ini merupakan museum khusus tentang sistem pertanian di Bali, yang di kenal dengan sistem subak. Subak yaitu sistem irigasi yang didasari Musyawarah di Bali, dan saat ini ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Di museum ini kalian tidak hanya akan mempelajari tentang sejarahnya saja, tetapi juga terdapat berbagai macam alat-alat yang di gunakan beserta penjelasannya.

  • Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

Mendengar namanya saja kalian pasti sudah bisa membayangkan apa isi dari museum ini. Tempat ini menyimpan ribuan topeng dan wayang Nusantara, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari negara lainnya di Asia dan Afrika. Disini kalian akan bisa lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia.

Share on Facebook0Share on Google+1Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0