Wisata Air Panas di Jawa Barat

Pemandian air panas banyak menjadi pilihan liburan banyak keluarga. Selain sebagai tempat rekreasi, pemandian air panas banyak dipilih karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan bagi mereka yang melakukannya. Walaupun dirumah yang sudah memiliki pemanas air atau Water Heater, namun mereka tetap memilih untuk berlibur ketempat pemandian air panas. Alih-alih air panas yang alami dan pemandangan yang biasanya bagus, pemandian  air tetap banyak menjadi pilihan.

Pulau Jawa banyak memiliki gugusan pegunungan membuat banyak sekali tempat pemandian air panas yang alami dan indah. Berikut ini beberapa daftar pemandian air panas alami di Jawa Barat.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas CiaterPemandian air panas ciater ini sangat terkenal di Jawa Barat, lebih tepatnya berada di Ciater Subang. Air panas pemandian ini berasal dari gunung Tangkuban Perahu sehingga selain dapat berendam, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan yang indah. Kandungan air panas dari pegunungan ini memiliki manfaat yang baik terutama untuk kulit. Kandungan kalsium, magnesium, klorida, mineral, hypertherma, dan sulfat pada air panas inilah yang membuat air ini menjadi penyembuh yang baik untuk mereka yang memiliki masalah penyakit kulit. Para pengunjung dapat menikmati air panas disini dalam bentuk kolam – kolam rendah, hingga nyaman untuk berendam.

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas CisolokUntuk mereka yang berada didaerah Sukabumi, Jawa barat tentunya sudah tidak asing dengan pemandian air ini. Sumber air panas disini bukan berasal dari pegunungan, namun dari geiser (mata air panas yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara). Oleh karena itu para pengunjung dilarang untuk mendekati atau mandi didaerah sekitar geiser karena sangat panas dan membahayakan. Pengunjung dapat menikmati air panas di sini dengan berendam pada aliran sungai, ataupun bisa berendam di kolam air panas yang telah disediakan oleh pengelola.

Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas CiparayLokasinya yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor membuat tempat ini mudah dikunjungi bila Anda berkunjung ke Bogor. Untuk menuju pemandian ini kita harus melewati 200 anak tangga. Namun jangan khawatir, anak tangganya tersusun dengan rapi dan tidak curam sehingga mudah untuk menaikinya. Air panas Ciparay berada pada sebelah kiri aliran sungai Cikuluwung yang mengalir deras diantara bebatuan dan air yang jernih.

Itulah beberapa tempat pemandian air panas yang ada di Jawa Barat. Silahkan berkunjung.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0