Waspadai Bahaya pada Mainan Anak

Waspadai bahaya pada mainan anak, itulah yang kini terjadi. Banyaknya mainan yang berasal dari negara China kini beredar dipasaran dengan banyak dan bebas. Hal ini dikarenakan perdagangan global yang terjadi pada saat ini. Banyaknya mainan asal China yang masuk ke Indonesia dikarenakan banyaknya permintaan yang terjadi karena murahnya harga mainan dari China. Bahkan dengan murahnya harga mainan dari China dibandingkan harga mainan lokal, banyak membuat usaha mainan lokal yang gulung tikar.

bahaya mainanNamun perlu dicermati dari murahnya harga mainan dari China ini, karena telah ada penelitian dari YLKI tentang keamanan produk mainan dan 80% mainan dari China mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Penelitian ini menemukan kandungan berbahaya pada mainan asal China seperti timbal (Pb), mercuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromim (Cr). Selain dari zat berbahaya tersebut yang tidak terlihat, ada juga bahan yang terlihat seperti bahan pewarna cat yang tidak aman dan mudah mngelupas dan tertelan oleh anak pada saat bermain.

Orang tua kini harus lebih teliti dalam memilih mainan anak yang aman bagi kesehatan anak-anaknya. Dalam memilih mainan anak sebaiknya perhatikan bahan pembuatan mainan apakah aman atau tidak. Baca juga petunjuk penggunaan mainan pada label, agar tidak menjadi berbahaya pada saat dipergunakan. Peranan orang tua sangatlah penting dalam menjaga dan melindungi kesehatan anaknya, terutama dari mainan yang dapat berbahaya untuk kesehatan.

Mainan yang berasal dari China, memang memiliki harga yang murah sehingga banyak orang tua yang tertarik membeli untuk anaknya. Namun ada yang perlu diperhatikan untuk mainan anak ini, harga yang murah bukan berarti mainan itu tidak aman bagi anak-anak. Teliti dalam memilih memilih dan mengetahui bahan dasar mainan dapat mencegah anak mendapat masalah kesehatan karena mainannya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0