Waspada Saat Berinvestasi

Siapa sih yang gak mau hidup nyaman dan tetap berkecukupan saat sudah memasuki masa pensiun? Semua pasti menginginkannya. Karena itulah, banyak yang mulai melirik berbagai investasi menguntungkan sejak masih dalam usia produktif. Harapannya, investasi ini akan memberi mereka keuntungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka di saat tua nanti.

Untuk menjamin keamanan saat berinvestasi, banyak yang memilih menggunakan jasa lembaga investasi yang banyak beredar di masyarakat. Apalagi, beberapa lembaga ini menawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Namun sayangnya, ternyata hal ini tetap tidak menjamin keamanan para investor. Bahkan, banyak yang harus mengalami kerugian hingga puluhan juta atau lebih karena salah memilih lembaga untuk berinvestasi. Karena itulah, kita yang harus lebih waspada dan berhati-hati.

Berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar lebih waspada saat berinvestasi:

  • Tentukan jenis investasi

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi, misalnya saja seperti investasi saham, investasi emas, atau investasi dalam bidang perkebunan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan sejelas mungkin sebelum memulai investasi. Dari mulai berapa modal yang dibutumemilih investasiJika Anda adalah tipe investor yang tidak berani mengambil risiko atau memiliki dana terbatas, sebaiknya pilihlah investasi yang memiliki risiko paling rendah, meskipun mungkin keuntungan yang akan Anda dapatkan tidaklah terlalu besar.

  • Cari info mengenai lembaga investasi

Menggunakan jasa lembaga investasi untuk mengelola investasi memang lebih praktis dan mudah. Namun, saat ini banyak sekali lembaga investasi yang nakal dan memanfaatkan para investor seperti ini. Karena itulah, Anda yang harus lebih jeli dan waspada saat m;emilih lembaga ini.

  • Jangan mudah tergiur dengan keuntungan besar

Siapa sih yang tidak tertarik dengan keuntungan besar dalam waktu singkat? Namun, Anda tentunya juga harus realis. Jika tawaran keuntungan dari sebuah lembaga investasi jauh di atas normal, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menginvestasikan dana di sana. Karena, banyak lembaga investasi yang mengiming-imingi korbannya dengan keuntungan besar dan cepat.

Waspada saat berinvestasi sangatlah penting. Jangan sampai, kita ingin untung dengan berinvestasi, tapi justru mengalami kerugian karena ditipu oleh lembaga investasi. Semoga beruntung dalam berinvestasi. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0