Waspada Jika Orang Disekitarmu Mengalami Sleep Apnea

Mungkin Anda masih merasa asing dengan istilah tersebut. Apalagi ketika kamu hanya melakukan Check Up Kesehatan, kamu akan jarang menemukan seseorang didiagnosis dengan kondisi ini. Itulah alasannya mengapa banyak orang yang masih kurang waspada dengan sleep apnea, padahal kondisi ini sebenarnya cukup berbahaya jika tidak segera diatasi.

Sleep ApneaSleep apnea adalah gangguan tidur serius yang berkaitan dengan pernapasan. Penderitanya akan sering mengalami napas berhenti atau pernapasan dangkal saat tidur. Kondisi ini menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh menjadi terganggu, terutama ke otak.

Jika melihat dari penyebab atau sumber masalahnya, sleep apnea dapat terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Gangguan pernapasan yang terjadi akibat otak gagal memberikan perintah pada otot untuk bernapas. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakstabilan dalam sistem pernapasan. Akibatnya otak akan memerintah penderita sleep apnea untuk bangun agar fungsi pernapasan dapat kembali.
  2. Gangguan pernapasan yang terjadi akibat adanya hambatan saluran pernapasan. Hambatan ini disebabkan otot tenggorokan yang mengendur saat tidur dan membuat saluran pernapasan menyempit. Pada kondisi normal, mengendurnya otot ini tidak menjadi masalah. Namun pada penderita apnea, akan langsung berdampak pada terhambatnya pernapasan.

Selain kedua jenis di atas, ada satu lagi jenis sleep apnea yaitu kompleks. Pada jenis ini, sleep apnea terjadi karena gabungan dari sleep apnea terpusat dan juga sleep apnea penghambat.

Tingkat keparahan penderita gangguan tidur ini sangat beragam, dari yang tergolong ringan hingga yang cukup parah. Penderita yang masih mengalami gangguan ringan umumnya mengalami gangguan pernapasan sebanyak 5-14 kali dalam rentang waktu 1 jam. Untuk tingkat keparahan sedang, gangguan pernapasan terjadi sebanyak 15-30 kali selama 1 jam. Sementara untuk tingkat yang parah, gangguan pernapasan bisa terjadi lebih dari 30 kali dalam kurun waktu 1 jam.

Artinya semakin parah gangguan ini maka akan semakin sedikit jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak dan tubuh. Padahal jika otak dan tubuh kekurangan oksigen dalam kurun waktu lama, maka akan menyebabkan beberapa penyakit serius seperti:

  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Sakit kepala

Selain kelima penyakit di atas, masih ada beberapa penyakit kritis lain yang mungkin dialami penderita sleep apnea jika tidak segera diatasi. Itulah sebabnya, segera lakukan pemeriksaan kesehatan ketika menemukan adanya orang di sekitar Anda yang mengalami masalah ini. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0