Usmar Ismail Hall, Ruang Konser dan Cinema Menjadi Satu

Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup sering dijadikan lokasi konser oleh banyak musisi internasional. Baik itu solo, idol, band, dan berbagai jenis musik lainnya. Banyaknya musisi yang tertarik menggelar konser di Indonesia berhubungan erat dengan minat masyarakat Indonesia terhadap musik sehingga hampir setiap konser yang diadakan selalu dipenuhi oleh penonton. Buktinya, saat ada konser pasti hotel di Jakarta yang berada di area diadakannya konser akan selalu penuh oleh tamu.

Usmar Ismail HallKondisi ini tentunya menuntut negara ini, khususnya Jakarta memiliki hall dalam jumlah banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan pengadaan konser ini. Tidak hanya itu saja, kondisi dan suasana hall pun harus bisa disesuaikan dengan jenis konser yang akan digelar. Salah satu hall yang sering digunakan untuk menggelar konser yaitu Usmar Ismail Hall.

Desain hall ini bersifat tetap, tidak bisa diotak atik sesuai kebutuhan seperti pada hall konser lainnya yang umumnya berupa hall kosong yang nantinya didesain sesuai kebutuhan. Berkapasitas 500 tempat duduk dan memiliki panggung dengan ukuran 18,14m x 5,7m x 0,8m. Bentuk desain Usmar Ismail Hall ini sangat sesuai untuk menggelar konser akustik, orkestra atau sendra tari.

Tidak hanya itu saja, desain serta interior dinding hingga bagian atap dari hall ini benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan konser agar suara yang dihasilkan saat konser berlangsung dapat maksimal. Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Soegijanto dalam blog pribadinya di situs ITB, sebuah gedung konser harus sangat memperhatikan waktu dengung agar bisa mendapatkan suasana suara yang lebih hidup, dan waktu dengung yang ideal yaitu 1,6 detik. Jika waktu dengung ini berlebihan, maka suara yang dihasilkan akan saling bertabrakan antara suara yang telah dimainkan dengan yang sedang dimainkan. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh hall ini, yaitu sangat memperhatikan faktor ini dan mendesain interiornya agar memiliki waktu dengung yang ideal.

Selain itu, Usmar Ismail Hall memiliki sebuah kelebihan lain, yaitu menggabungkan antara gedung konser dengan gedung bioskop. Yap, hall pada Usmar Ismail Hall ini tidak hanya memiliki panggung saja, tetapi juga sebuah layar yang bisa digunakan untuk memutar film layaknya bioskop. Pada saat sedang digelar konser, layar ini biasanya akan ditutup dengan papan berwarna hitam. Konsep penggabungan 2 fungsi sebagai gedung konser dan gedung bioskop ini merupakan pertama kalinya di Indonesia.

Hingga saat ini, hall ini masih aktif digunakan untuk menggelar berbagai konser dan memutar film. Namun tentunya, bukan film biasa seperti yang diputar di bioskop pada umumnya ya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0