Tips Sederhana Memilih Beras Berkualitas

Kini, berbagai macam beras seperti beras organik sudah banyak beredar di tengah masyarakat Indonesia dan dijual dengan harga yang terbilang cukup murah oleh para pedagang beras. Meski, menawarkan harga murah namun sayangnya karena ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, terkadang tidak sedikit dari pedagang ini berlaku curang kepada para pembelinya. Dimana, pedagang rela mencurangi pembeli dengan cara mencampurkan beras dengan kualitas rendah bersama beras yang memiliki kualitas tinggi, bahkan adapula yang mencampurkan antara beras biasa dengan beras plastik.

beras terbaikNah, disinilah dituntut kejelian semua pembeli saat hendak membeli beras. Sebisa mungkin lihatlah terlebih dahulu seperti apa kualitas beras yang diberikan oleh para pedagang. Selain itu, Anda pun diwajibkan untuk mengetahui beberapa cara tepat yang bisa diterapkan apabila berniat untuk membeli beras yang berkualitas bagus. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

  1. Tidak memilih beras dengan harga miring. Apabila Anda memiliki niatan untuk membeli beras, sebaiknya janganlah membeli beras dengan harga miring. Mengapa? Yap, takutnya beras dengan harga sangat miring alias murah ini dicampur dengan bahan yang sangat membahayakan tubuh bukanlah beras dalam kondisi yang masih baik atau kualitasnya kurang.
  2. Jika perlu, cium beras sebelum membeli. Jika diperlukan, saat membeli beras sebisa mungkin Anda mencium beras yang akan dibeli. Pastikan, beras yang Anda beli tidak mengeluarkan bau apek, karena bila bau ini keluar bisa dipastikan beras tersebut tidak dalam kualitas baik atau sudah lama disimpan.
  3. Meremas beras yang akan dibeli. Saat membeli beras ini, Anda pun juga bisa mencari tahu apakah beras yang Anda beli berkualitas atau tidak dengan cara meremas beras yang dibeli. Jika beras menempel pada telapak tangan Anda, mungkin beras tersebut diberi zat pelicin yang dapat membahayakan tubuh.
  4. Membeli beras di toko langganan. Supaya terhindar dari pembelian beras yang tidak berkualitas, alangkah baiknya Anda membeli beras di toko yang sudah menjadi langganan Anda. Karena, biasanya dengan membeli di toko langganan ini, Anda pun akan terhindar dari pedagang yang curang saat menjual berasnya.

Itulah sedikit cara yang bisa diterapkan apabila Anda hendak membeli beras di pedagang beras.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0