Tips Sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah salah satu produk asuransi yang sudah mulai berkembang saat ini. Asuransi ini yang memiliki manfaat proteksi atau jaminan dari berbagai resiko yang dapat terjadi dalam kehidupan, sehingga keluarga yang ditinggalkan akan tetap mendapatkan jaminan. Namun untuk memilih asuransi ini, perlu diketahui beberapa tips memilih asuransi jiwa agar asuransi yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita.

memilih asuransi jiwaKetahui jenis asuransi jiwa

 

Berdasarkan jangka waktunya asuransi jiwa terbagi atas asuransi berjangka ( term life ) dan asuransi permanen ( whole life ). Bila kita hanya mengingini mengcover atau melindungi sesuatu dengan jangka waktu tertentu, Asuransi berjangka adalah pilihan yang cocok. Bila ingin melindungi atau mengcover semua dengan jangka waktu sangat lama atau seumur hidup, asuransi permanen adalah pilihan yang tepat.

Cari informasi banyak tentang perusahaan asuransi

Cari tahu semua perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa, mulai dari yang termurah hingga Asuransi Jiwa Termahal. Teliti dan pahami produk asuransi jiwa yang mereka tawarkan. Dengan demikian kita akan mendapatkan banyak pilihan, sehingga kita dapat memilih mana yang terbaik untuk kita dari sisi premi, manfaat dan lainnya.

Kenali perusahaan Asuransi yang kita pilih

Ketahui kredibilitas perusahaan asuransi jiwa yang akan kita pilih. Cari informasi mengenai keluhan – keluhan yang sering terjadi pada nasabahnya. Dengan demikian kita dapat meminimalisir segala kemungkinan yang akan terjadi yang dapat merugikan kita.

Pahami Polis asuransi yang kita pilih

Pahami secara detail mengenai polis asuransi jiwa yang akan kita pilih. Banyaklah bertanya kepada agen asuransi tentang produk yang ditawarkannya. Pastikan polis yang kita pilih benar – benar sesuai dengan kebutuhan kita, bagaimana prosedur dalam pembayaran premi serta bagaimana prosedur dalam mengklaim polis. Dengan demikian kita dapat mengetahui secar detail semua prosedurnya.

Ketahui dan pahami perubahan

Hal ini sangat penting disaat terjadinya perubahan kebijakan dalam polis. Tanyakan alasan perubahan yang terjadi, apakah lebih menguntungkan untuk kita atau justru hanya menguntungkan pihak perusahaan asuransi.

Perubahan Polis kedepannya

Ketahui kebijakan perusahaan asuransi yang dipilih, apakan bisa merubah polis untuk kedepannya. Misalnya, saat ini kini memilih untuk asuransi berjangka dan disaat tertentu kita ingin merubahnya ke asuransi permanen.

Update polis asuransi

Dengan seiring berjalannya waktu, tanggungan, aset atau hutang akan semakin banyak. Oleh karena itu perbaruilah polis yang dapat mengcover semua itu.

Bayar Premi

Pemilihan premi sejak awal sangat penting untuk diperhitungkan. Disaat kita tidak mampu membayar premi, maka kita akan kehilangan proteksi dan premi yang pernah dibayarkan sebelumnya. Oleh karena itu perhitungkan dengan seksama kemampuan membayar premi didepannya.

Semoga dengan mengetahui beberapa tips memilih asuransi jiwa ini, dapat membuat kita lebih bijak dan tepat dalam memilih produk asuransi jiwa.

Share on Facebook0Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0