Tips Rumah Sejuk Tanpa Boros Listrik

Buat kamu yang baru pindah ke rumah baru, tentunya masih banyak hal yang harus disesuaikan. Seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan, menyesuaikan keuangan untuk membayarkan cicilan dari pinjaman uang yang digunakan untuk beli rumah, hingga menyesuaikan diri dengan hunian baru kamu. Satu hal yang paling terasa adalah udaranya. Rumah baru terasa lebih panas karena kamu belum terbiasa untuk tinggal di sana. Berikut adalah cara untuk membuat rumah terasa sejuk tanpa harus boros listrik dengan memasang AC atau kipas angin terus menerus.

  1. ruangan sejukPasang tirai dengan warna lembut. Ketika siang hari, mungkin sebagian besar dari kita sering membuka jendela dengan harapan udara di dalam ruang semakin sejuk. Hal ini salah, sebab alih-alih terasa sejuk, rumah justru akan terasa lembap dan sumpek. Tutuplah jendela ketika siang hari dan akali dengan memasang tirai berwarna lembut. Hal ini akan membantu menahan panas untuk masuk ke dalam rumah sehingga udara di dalam tetap netral.
  2. Gunakan es batu untuk membuat udara ruangan dingin. Saat cuaca sedang panas-panasnya, menyalakan kipas angin mungkin menjadi kegemaran setiap orang. Hanya saja, angin dari kipas terkadang tak cukup untuk membuat ruangan menjadi sejuk. Triknya adalah dengan mengambil es batu dari freezer lalu letakkan di depan kipas angin. Dinginnya es batu akan membuat udara dalam ruang menjadi lebih sejuk.
  3. Buka jendela di malam hari. Saat malam tiba, bukalah jendela agar udara dingin masuk ke dalam rumah dan menyejukkan ruangan. Tidak perlu lama-lama, bukalah sampai ruangan terasa sejuk sebelum menutupnya kembali. Untuk memastikan serangga tidak masuk ke dalam rumah, sebaiknya pasang pelapis antiserangga di jendela.
  4. Jangan gunakan lampu pijar. Tahukah kamu bahwa lampu pijar bisa memancarkan energi panas sebanyak 90 persen? Oleh sebab itu, ketika kamu menggunakan lampu pijar, maka udara di dalam ruangan akan terasa lebih panas.
  5. Cat dinding dengan warna yang teduh. Penelitian membuktikan bahwa ruangan yang dicat dengan warna teduh cenderung membuat nuansa ruang menjadi lebih sejuk. Hindari menggunakan warna yang terang seperti merah, kuning terang, oranye, dan sebagainya karena akan membuat udara terasa panas.

Itu dia beberapa hal yang bisa dicoba untuk membuat suhu ruang menjadi lebih sejuk tanpa bantuan listrik. Semoga membantu, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0