Tips Penting Sebelum Memilih PABX

Ketika Anda berencana akan membeli PABX untuk keperluan kantor ataupun keperluan lainnya, mungkin sering dibuat bingung dengan beragam pilihan yang tersedia. Pastinya semua ingin membeli PABX murah namun dengan kualitas yang terbaik. Jelas saja, untuk apa bayar dengan harga yang lebih mahal jika kualitasnya sama. Hanya saja, memilih yang seperti itu juga bukanlah hal yang mudah.

tips memilih pabxSupaya pilihanmu tepat, perhatikan beberapa hal berikut ya saat akan membeli PABX:

  • Kapasitas

Setiap PABX memiliki kapasitas yang berbeda. Kapasitas yang dimaksud adalah jumlah trunk lines yang ada pada PABX. Trunk lines ini disebut juga Co Lines, yaitu line yang berhubungan dengan dunia luar, atau melakukan panggilan external. Jika perusahaan atau organisasi yang nantinya menggunakan PABX ini memiliki banyak divisi yang aktif menelon ke luar, maka Anda harus memilih PABX dengan kapasitas besar.

  • Upgrade

Beberapa PABX memiliki fasilitas untuk upgrade kapasitas menjadi lebih banyak. PABX seperti ini sangat tepat digunakan oleh Anda yang membeli untuk perusahaan atau organisasi yang masih dalam proses perkembangan. Jadi, ketika membutuhkan tambahan kapasitas, Anda tidak perlu membeli PABX baru untuk memenuhi kebutuhan ini.

  • Fungsi

PABX biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur. Anda bisa memilih PABX yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa fitur yang tersedia dalam PABX yaitu transfer, hold, caller ID, pickup incoming call, direct outgoing call, kunci extension, auto attendant, timer, dan berbagai fungsi lainnya.

  • Merk

Pasti Anda akan menemukan banyak sekali merk PABX yang beredar dipasaran. Cobalah cari informasi terlebih dahulu merk apa yang banyak direferensikan oleh pengguna PABX. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan bahwa merk tersebut memiliki service center resmi di Indonesia. Hal ini sangat penting, karena Anda tidak akan tahu pasti apakah produk yang diterima benar-benar lolos QC (Quality Control) atau tidak. Jadi jika PABX mengalami kerusakan pada awal pemakaian, akan mudah untuk meminta pertanggungjawaban.

  • Harga

Nah, poin terakhir ini tentu saja harus Anda perhatikan. Jika Anda sudah memiliki beberapa pilihan merk berdasarkan referensi, maka cobalah untuk membandingkan harganya dan pilih PABX yang memenuhi kriteria Anda namun memiliki harga sesuai dengan kemampuan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0