Tips Penting Liburan ke Bali untuk Pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali berlibur ke Bali, pemilihan waktu yang tepat, transportasi, serta akomodasi atau hotel di Bali tentunya merupakan hal pertama yang harus diketahui. Dengan begitu, liburan Anda jadi lebih menyenangkan dan tidak perlu khawatir terganggu dengan hal-hal tidak penting seperti tersasar dan sebagainya.

Berikut ini beberapa hal penting yang bisa menjadi guide sebelum dan selama Anda berlibur ke Bali, di antaranya:

liburan ke baliTransportasi menuju Bali
Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan, mulai dari jalan darat, laut, hingga udara. Tentu saja, cara yang paling termudah adalah dengan menggunakan jalur udara alias dengan pesawat. Harganya memang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan jalur laut dan darat, tapi, bila Anda pintar mencari promo-promo yang sering diadakan oleh perusahaan penerbangan atau memesan tiket jauh-jauh hari, maka Anda bisa mendapatkan tiket dibawah Rp500 ribu untuk sekali jalan.

Untuk jalur bis, bisa dilakukan terutama Anda yang tinggal di Pulau Jawa, NTT, dan NTB. Harganya variatif tergantung dari jarak yang ditempuh.

Waktu terbaik ke Bali
Sebenarnya sepanjang tahun merupakan waktu yang cocok untuk ke Bali, meski musim hujan sekalipun karena Anda masih bisa mengunjungi museum atau pusat kesenian. Namun bila Anda ingin mengunjungi pantai, maka hindarilah bulan-bulan musim hujan, yakni bulan April – September. Kalau Anda tidak senang dengan keramaian dan kemacetan maka sebaiknya pilih hindari peak season, yakni Juni-Agustus dan November Januari. Pada musim padat pengunjung ini selain jalanan Bali macet, harga-harga seperti pesawat, sewa mobil, dan penginapan dipatok naik.

Hotel di Bali
Akan lebih baik bila Anda membooking hotel sebelum berangkat ke Bali, selain liburan Anda lebih tenang karena tidak perlu khawatir tidak mendapat akomodasi, l selain itu harganya bisa lebih murah dibandingkan Anda memesan ketika sampai di Bali.

Sebelum memilih hotel atau resort, cobalah cari informasi sehubungan dengan hotel tersebut, mulai dari fasilitas, harga, lokasi, serta reputasinya. Soal harga, jangan takut, Anda bisa menyesuaikan hotel sesuai dengan budget yang Anda miliki. Misalnya saja hotel-hotel di Gang Poppies, Jalan Three Brothers, Gang Pusa Ayu, sampai Jalan Raya Tuban dan Jalan Bakung Sari yang mematok harga hotel mulai dari Rp300.000 per malam. Hingga resort-resort merah dengan harga jutaan per malamnya.

Tempat Wisata
Jangan lupa untuk membuat daftar tempat wisata apa saja yang ingin dikunjungi ketika berlibur di Bali. Sehingga Anda bisa membuat rute atau itinerary perjalanan sesuai dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Cari tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat wisata itu, mulai dari jam bukanya, tarif masuk, hingga pantangan-pantangan yang mungkin ada di tempat tersebut.

Transportasi di Bali
Di Bali akan sangat susah menemukan angkutan umum seperti di Bali. Karenanya akan lebih nyaman bila Anda menyewa transportasi untuk menuju tempat tujuan wisata Anda. Ada dia jenis kendaraan yang bisa Anda pilih, yakni sewa motor dan sewa mobil. Bila jarak tujuan wisata Anda dekat dengan hotel maka sebaiknya pilih sewa motor. Namun bila jarak antara hotel dengan tempat wisata dan tempat wisata lainnya berjauhan, maka sebaiknya pilih untuk menggunakan mobil. Mobil juga lebih nyaman bila Anda bepergian dalam jumlah yang besar dengan teman atau keluarga.

Makan di Bali
Makanan Bali sudah terkenal nikmat, harganya pun beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal ada di sini. Tapiu Anda harus berhati-hati bila mencari makanan yang halal, maka sebaiknya cari makanan di rumah makan padang, bakso, restoran fast food, dan sejenisnya. Jangan lupa untuk bertanya dulu kepada si penjual apakah makanan yang dijual halal atau tidak.
Semoga guide tadi bisa membuat liburan Anda di Bali lebih nyaman ya. Selamat berlibur. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0