Tips Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Tak bisa dipungkiri, cuaca juga merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kondisi rumah. Jika musim hujan datang, terkadang ada saja atap yang bocor atau komponen yang rusak. Terutama komponen yang berbahan kayu. Saat musim hujan, biasanya kusen yang terbuat dari kayu menjadi mudah retak karena kelembapan udara yang terlalu tinggi. Karena itu, sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan kusen UPVC yang lebih tahan cuaca dibandingkan dengan bahan kayu. Lantas, bagaimana cara merawat rumah agar kondisinya tetap baik selama musim penghujan? Coba simak beberapa tips di bawah ini.

  • merawat rumah dimusim hujanLebih Rutin Membersihkan Rumah

Saat musim hujan, hendaknya Anda lebih rajin lagi untuk membersihkan rumah. Menjaga kebersihan rumah dapat mengurangi kelembapan saat musim ujan. Bersihkanlah sudut-sudut ruangan yang rentan berdebu. Kemudian, bukalah jendela saat cuaca cerah dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Dengan demikian, sirkulasi udara di dalam rumah bisa menjadi lebih lancar dan udara lembap pun dapat diatasi. Apalagi untuk Anda yang memiliki rumah dengan warna tembok putih, ada baiknya jika Anda mengetahui cara merawat tembok putih agar tetap bersih, khususnya saat musim hujan. Karena warna putih ini akan membuat kotoran lebih terlihat dan tentunya merusak penampilan rumah Anda.

  • Memeriksa Atap Rumah

Salah satu hal yang paling mungkin terjadi saat musim hujan adalah kebocoran atap. Karena itu, periksalah kondisi atap rumah. Apakah ada bagian yang rusak, berkarat, retak, atau bahkan berlubang? Segera benahi plafon yang kondisinya sudah tidak bagus dan berikan cat anti bocor agar atap rumah Anda terlindungi.

  • Merawat Dinding

Selain atap, biasanya cat dinding juga mudah rusak saat musim hujan. Kemungkinan hal ini diakibatkan oleh rembesan air hujan atau memang proses pengerjaan dinding dulunya kurang baik. Agar cat dinding dapat terawat dengan baik, sebaiknya atasi terlebih dahulu sumber kebocoran yang ada di rumah agar tidak merembes ke dinding. Namun, jika kondisi cat sudah terlanjur rusak, Anda bisa melakukan cat ulang pada dinding tersebut.

  • Periksa Saluran Air

Saat hujan besar, kemungkinan bisa menyebabkan banjir. Untuk mencegahnya, Anda bisa memeriksa saluran air sekitar rumah. Jika tersumbat, Anda bisa melakukan pembersihan dengan memanggil jasa kebersihan atau melakukan kerja bakti bersama warga.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar rumah tetap nyaman dan terawat selama musim hujan. Semoga bermanfaat ya! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0