Tips Merawat Pakaian Agar Tetap Awet

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dipakai oleh semua orang. Selain berfungsi untuk menutupi bagian dalam tubuh, pakaian juga bisa dijadikan sebagai fashion dan bentuk ekspresi dari seseorang. Meskipun hampir dipakai oleh semua orang, tapi terkadang tidak semuanya mengerti bagaimana cara merawat pakaian ini dengan benar, sehingga membuat pakaian mereka pun cepat rusak dan warnanya mengalami perubahan. Memang sih, merawat pakaian tergolong sangat susah lantaran mudahnya berubah warna dan cepat rusak, tapi bukan berarti sulit untuk melakukan perawatannya.

mencuci pakaianBerikut ini kami suguhkan beberapa cara mudah ketika merawat pakaian agar tetap awet dan tahan lama. Langsung saja disimak, yuks!

  1. Jangan terlalu keseringan mencuci pakaian. Pakaian yang terlalu sering dicuci, hanya mengakibatkan kerusakan pada serat pakaian dan tidak menutup kemungkinan akan melunturkan warna asli dari pakaian. Maka dari itu, apabila pakaian yang sudah dipakai tidak kotor maupun berbau, sebaiknya pakaian tersebut tidak cuci supaya tetap awet dan tidak berubah warna. Namun, apabila hendak membunuh kumannya, cukup dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari selama dua sampai dengan tiga jam.
  2. Memisahkan pakaian pada saat dicuci. Sebelum mencuci pakaian, pastikan terlebih dahulu kalian memisahkan pakaian sesuai dengan warna yang dimilikinya. Cara terbaik untuk membuat pakaian tetap awet dan tetap tahan lama yaitu dengan cara mendahulukan semua pakaian berwarna putih, setelah itu dilanjutkan dengan warna terang senada, dan barulah terakhir mencuci pakaian berwarna gelap yang memiliki tingkat kelunturan sangat tinggi. Namun, pada saat mencuci ini perhatikan pula tingkat kelembutan yang dimiliki oleh pakaian.
  3. Jangan pernah menggunakan air panas. Jika kalian mau membuat pakaian tahan lama dan tetap awet, maka jangan pernah kalian menggunakan air hangat bahkan panas. Mengapa? Yup, penggunaan air panas untuk merendam pakaian bisa menyebabkan pakaian cepat rusak, sehingga sangat tidak dianjurkan sekali memakai air panas ini ketika mencuci. Selain itu, menggunakan air panas untuk mencuci pakaian, tentu saja membuang banyak waktu kalian lantaran harus memanaskan air sebelum mencuci.
  4. Keringkan pakaian langsung dengan sinar matahari. Sekarang ini, apabila ingin membuat pakaian cepat kering, kalian pun terkadang menggunakan jasa mesin cuci. Namun, tahukah kalian? Jika mengeringkan pakaian di mesin cuci, dapat membuat pakaian cepat rusak? Oleh sebab itu, alangkah baiknya keringkan semua pakaian yang sudah kalian cuci di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan alat elektronik. Dengan begini, tentu saja membuat pakaian akan tetap awet dan pastinya tahan lama.
  5. Menyimpan pakaian dengan baik di lemari penyimpanan. Setelah kalian menyetrika semua pakaian yang telah kering, simpanlah pakaian dengan baik di lemari penyimpanan. Jika perlu, gunakan pula kotak penyimpanan agar terhindar dari debu, kotoran, maupun ngengat. Dan, jangan lupa meletakkannya di tempat yang sejuk.

Bagaimana? Gampang sekali bukan, cara merawat pakaian agar selalu awet dan tahan lama?

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0