Tips Merawat Ban Motor Agar Awet

Ban Sepeda Motor merupakan bagian penting dari kenyamanan dan keamanan dalam mengendarai motor. Ban motor berfungsi sebagai peredam dari getaran akibat jalan yang tidak rata dan memberikan kestabilan sehingga mempermudah dalam pergerakan sepeda motor. Fungsi penting inilah yang membuat ban sepeda motor harus tetap berada dalam kondisi yang baik agar dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

tips ban motorSeperti spare part motor lainnya, ban motor juga memiliki umur pemakaian yang dapat berakhir dan harus diganti. Namun umur pemakaian ban motor ini dapat digunakan lebih lama dan awet selama digunakan dan dirawat secara benar. Berikut ini beberapa tips merawat ban motor agar awet sehingga dapat digunakan lebih lama.

Pilihlah jenis ban motor yang sesuai dengan jalanan / trek yang biasa kita lalui. Bila motor biasa digunakan didaerah yang memiliki jalan rusak atau berbatu (offroad) sebaiknya menggunakan ban dengan jenis kembang / kontur kotak atau biasa disebut tahu. Untuk kita yang menggunakan motor dijalan raya aspal bisa menggunakan ban yang biasa untuk jalan raya. Dengan memilih ban yang tepat sesuai dengan jenis jalanan sangat mempengaruhi kenyamanan, keselamatan dan pastinya akan membuat ban lebih awet.

Perhatikan tekanan ban, pastikan selalu sesuai dengan jenis motor dan anjuran yang biasanya berada pada stiker di lengan ayun (swing arm) pada motor. Pengecekan tekanan udara sebaiknya dilakukan pada saat ban masih dalam keadaan dingin. Dalam keadaan panas setelah digunakan akan membuat suhu ban meningkat. Ada baiknya mengunakan jenis nitrogen untuk ban, dengan nitrogen tekanan ban akan lebih stabil disuhu yang panas.

Pastikan menggunakan ukuran ban yang sesuai dengan ukuran velk motor. Tidak sesuainya ukuran ban pastinya akan membuat angin dalam ban mudah keluar dan tentunya akan membuat ban menjadi tidak stabil.

Bersihkan bila terdapat batu – batu kerikil yang menempel pada ban. batu kerikil yang menempel pada ban dapat memicu robeknya ban, sehingga ban harus diganti.

Hindari jalan – jalan yang berlubang karena dapat merusak keseimbang rotasi ban sehingga ban tidak stabil.

Hindari parkir motor ditempat panas. Ban yang terkena sinar matahari terlalu panas dan lama akan membuat karet ban menjadi getas atas mudah retak.

Banyak hal yang dapat dilakukan agar ban menjadi awet dan tetap pada performa terbaiknya, dengan demikian kenyamanan dan keamanan akan lebih terjaga. Selain itu pastikan untuk selalu berkendara dengan aman untuk keselamatan kita dan orang lain.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0