Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah menjadi salah satu agenda khusus yang ada pada setiap sekolah. Fungsi utama sekolah adalah sebagai tempat belajar yang nyaman bagi para siswa. Selayaknya tempat belajar, lingkungan sekolah harus dibersihkan secara berkala sehingga anak-anak semakin betah berada di sekolah. Selain itu, lingkungan yang bersih juga akan menjadi penyegar alami bagi para siswa yang merasa penat dengan kegiatan belajar selama berjam-jam.

kebersihan lingkungan sekolahSetiap sekolah pasti sudah memiliki tenaga kebersihan sendiri untuk merawat kebersihan lingkungan namun para penghuni sekolah yang lain seperti guru dan murid tidak boleh lepas tangan dalam urusan kebersihan ini. Pihak sekolah juga harus menerapkan aturan tegas terkait kebersihan sekolah seperti:

  • Memberikan sanksi tegas kepada siapapun yang membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah.
  • Memberikan penghargaan bagi kelas yang memiliki lingkungan paling bersih.
  • Menggalakkan hari kebersihan satu minggu sekali.

Agar kegiata kebersihan ini tidak mengurangi jam belajar, maka sekolah dapat membuat peraturan piket kebersihan yang dimulai sebelum jam masuk sekolah. Dengan adanya partisipasi dari para guru dan siswa, lingkungan akan menjadi lebih bersih. Untuk mendukung kelestarian alam, para siswa juga bisa dianjurkan untuk menanami halaman sekolah dengan pohon dan tanaman hias agar terlihat asri dan tidak gersang. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah akan membuat para siswa semakin sadar akan pentingnya kebersihan.

Share on Facebook2Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0