Tips Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Cara mengobati radang tenggorokan alami banyak sekali macamnya, mulai dari minum teh sampai madu. Semuanya bisa memberikan efek penyembuhan, hanya saja terkadang Anda butuh cara yang lebih ampuh dan mudah. Radang tenggorokan bisa bikin makan tidak enak. Malahan penderitanya enggan untuk mengkonsumsi makanan karena memang peradangan membuat rasa nyeri ketika makan. Yang paling menyedihkan, jika sakit tenggorokan dibarengi dengan adanya dahak. Lengkap sudah derita yang Anda alami.

Ketika masalah ini terjadi, masih ada cara yang terbukti bagus untuk penyembuhannya. Dan cara ini mudah dan lebih murah dibandingkan cara-cara lain.

sakit-radang-tenggorokanMau tahu caranya? Sebelum tahu caranya, mari simak apa saja yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan di bawah ini.

Penyebab Radang Tenggorokan

Sakit. Itu pasti terjadi. Malahan akan timbul rasa nyeri yang membuat penderitanya tidak mampu menahan ketika mengkonsumsi makanan. Jika dibiarkan begitu saja, asupan gizi yang dibutuhkan tubuh akan berkurang. Akibatnya, tubuh kekurangan gizi dan menyebabkan aktifitas harian terganggu.

Peradangan pada tenggorokan ini memang biasa terjadi, baik itu dialami oleh remaja maupun orang tua. Penyebabnya adalah bakteri dan virus. Baik bakteri maupun virus ini bisa masuk kapan saja, terlebih jika makanan yang dikonsumsi kurang higienis.

Selain itu, kondisi lingkungan yang tidak bersih juga berpotensi membuat masalah pada peradangan. Karena Anda akan lebih banyak menghirup udara kotor dan hasilnya masalah yang ditimbulkan oleh virus maupun bakteri mudah terjadi.

Bagaimana Cara Menangani Masalah Peradangan Tenggorokan?

Faktor utama mengapa tenggorokan terjadi iritasi dan meradang adalah bakteri maupun virus. Dan ini akan berlangsung lama jika tidak segera di atasi. Peradangan sendiri tergolong menjadi dua, yakni peradangan yang sifatnya ringan maupun berat. Bedanya peradangan membuat penanganannya berbeda.

Bila terjadi peradangan ringan, Anda bisa menerapkan cara mengobati radang tenggorokan alami menggunakan air garam. Air garam ini sifatnya sebagai antibakteri. Dengan kata lain, air garam nantinya ditujukan untuk membasmi pembuat onar di dalam tenggorokan.

Untuk membuatnya, Anda cukup sediakan air hangat segelas saja. Kemudian tambahkan garam satu sendok saja. Baru kemudian gunakan untuk berkumur atau bisa juga diminum bila tenggorokan juga berdahak. Karena sifat air garam bisa melarutkan dahak. Makanya, dahak di dalam tenggorokan juga akan hilang bila Anda meminum air garam hangat. Sementara bila peradangan tenggorokan berat, pemanfaatan antibiotik perlu dilakukan. Dan ini butuh resep dokter khusus untuk menanganginya.

Terlepas bagaimana cara Anda memanfaatkannya, cara mengobati radang tenggorokan alami ini cukuplah mudah dan murah.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0