Tips Menghitung Modal Usaha Warnet

Meski sudah mulai tergusur dengan adanya ponsel pintar atau smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses internet di mana saja, namun bisnis Warnet atau Warung Internet masih memiliki potensi. Terutama di kota-kota kecil seperti Pemalang. Pemanfaatan Internet Pemalang untuk Warnet masih dilirik oleh warganya guna menambah atau menjadi penghasilan utama.

bisnis warnetDalam mendirikan suatu usaha, baik usaha besar maupun kecil seperti Warnet ini, tentunya diperlukan perhitungan yang matang untuk menentukan besaran modal yang dibutuhkan. Apalagi modal usaha merupakan faktor utama dalam mendirikan bisnis. Berikut ini beberapa tips dalam menentukan besaran modal dan kondisi warnet yang diperlukan dalam mendirikan usaha Warnet atau Warung Internet, di antaranya:

Tempat
Tempat yang kita pilih untuk membuka usaha Warnet tentunya menjadi faktor utama dalam menentukan besaran modal yang diperlukan. Apakah kita akan menggunakan ruangan kosong di rumah, menyewa tempat lain, atau bahkan membeli ruko. Letak tempat juga menjadi perhatian, terutama bila kita akan menyewa atau membeli tempat. Letak atau lokasi yang strategis tentunya berarti harga yang semakin tinggi. Bila ingin menekan biaya, maka daripada membeli lebih baik menyewa.

Komputer
Sebagai komponen utama dalam bisnis Warnet, maka biaya pembelian unit komputer menjadi faktor ke dua yang berpengaruh dalam menentukan besaran modalnya. Pertama, lihatlah ukuran tempat yang akan digunakan, perkirakanlah berapa banyak jumlah komputer yang bisa digunakan di dalamnya, termasuk komputer untuk server. Satu unit komputer ini terdiri dari CPU lengkap dengan monitornya. Jangan lupa juga menghitung ruang untuk meja tempat layar monitor serta tempat duduk dan biliknya. Setelah mengetahui jumlah komputer yang bisa digunakan, mulailah mencari kisaran harga komputer yang akan dibeli. Harga komputer ini berbeda tergantung dari spek komputer, serta baru tidaknya unit komputer yang dibeli.

Jaringan internet
Saat ini mudah sekali menemukan provider internet yang menawarkan jasanya. Lakukanlah perbandingan untuk melihat penawaran yang terbaik. Ingat, semakin cepat jaringan internet ditambah dengan banyaknya komputer yang digunakan, tentu akan membuat tarif langganan internet menjadi lebih mahal.

Perlengkapan lain
Perlengkapan ini mulai dari biaya meja dan kursi yang akan digunakan oleh pengunjung, printer untuk mencetak billing, serta bilik atau sekat yang digunakan untuk memisahkan antara satu pengujung dengan pengunjung lainnya. Jangan lupa menghitung seluruh biaya untuk perlengkapan ini ke dalam perhitungan modal.

Biaya operasional
Biaya operasional ini terdiri dari biaya air dan listrik yang harus dikeluarkan setiap bulannya, hingga gaji karyawan. Semakin banyak karyawannya, berarti akan semakin besar juga biaya ini.

Hitung dan jumlahkanlah semua estimasi biaya tersebut untuk menentukan besaran modal yang diperlukan untuk membangun usaha warnet. Modal ini tentunya masih bisa disesuaikan dengan keadaan finansial kita. Jangan sampai kita memaksakan untuk membeli perlengkapan dan peralatan warnet yang di luar kemampuan finansial kita, mengingat balik modal untuk usaha warnet tidak selalu cepat. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0