Tips Mengerjakan Soal Bahasa Inggris

Sebagai seorang guru bahasa Inggris, tentunya kita selalu ingin agar murid kita mendapatkan nilai yang maksimal saat ujian. Nah, ketika murid mendapatkan nilai buruk, jangan terburu-buru untuk menghakimi bahwa ia memang tidak mahir berbahasa Inggris. Sebab banyak faktor yang dapat menyebabkan murid mendapat nilai buruk saat ujian. Salah satunya adalah banyaknya materi yang dibebankan pada kurikulum belajar bahasa Inggris SMA dan waktu pengerjaan soal yang singkat. Bayangkan saja, untuk mengerjakan sekitar 40 butir soal, murid hanya diberikan waktu sebanyak 90 menit. Itu artinya, murid hanya memiliki waktu beberapa menit untuk menuntaskan satu soal.

ujian bahasa inggrisTidak jarang, untuk menjawab soal-soal dalam ujian bahasa Inggris, murid diharuskan untuk membaca teks paragraf yang panjang. Hal ini tentunya membuat banyak murid yang kehabisan waktu dan memilih untuk menebak-nebak jawaban tanpa membaca soalnya terlebih dahulu. Akibatnya, nilai bahasa Inggris murid menjadi anjlok. Kondisi ini sebetulnya bisa diakali jika murid mengetahui strategi untuk mengerjakan soal. Berikut ini adalah tips mengerjakan soal bahasa inggris yang bisa Anda ajarkan pada murid untuk mempersingkat waktu pengerjaan soal.

  1. Ketika menemui teks paragraf yang panjang, baca soalnya terlebih dahulu. Seringnya, murid menghabiskan banyak waktu dengan membaca teks paragraf tanpa membaca soalnya. Akibatnya, waktu menjadi terbuang percuma dan sia-sia. Membaca soal lebih dulu dan kemudian mencari jawabannya di dalam teks paragraf jauh lebih efektif dan efisien.
  2. Menyiasati soal untuk mencari ide pokok atau tema. Biasanya murid akan dihadapkan pada soal teks paragraf yang panjang dan diharuskan untuk mencari ide pokok atau tema dari paragraf tersebut. Ajarkan cara menjawab soal seperti ini, yaitu dengan mencari ide pokok di awal atau di akhir paragraf. Ide pokok atau tema adalah hal yang menjadi pokok pembahasan dalam paragraf tersebut sehingga seringnya berada di awal atau akhir paragraf.
  3. Mengajak murid berlatih pengerjaan soal. Practice makes perfect. Dengan banyak berlatih soal, murid menjadi lebih terbiasa dengan model-model soal ujian. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0