Tips Mengemudi Mobil Matic bagi Pengendara Wanita

Kaum wanita modern yang terbiasa mengemudikan mobil sendiri kini banyak yang memilih mobil matic. Alasan terbesarnya tentu saja karena faktor kepraktisan. Mobil kesayangan  dengan transmisi matic membuat wanita tak kerepotan memindahkan persneling dan menginjak kopling. Sehingga aktivitas mengemudi jadi terasa lebih nyaman meskipun dilakukan dalam waktu lama.

mobil matic untuk wanita

pic:taksimanado.com

Apalagi kini pilihan mobil matic di Mobil123.com  juga semakin variatif. Para wanita pun bebas menentukan jenis mobil matic sesuai kebutuhan. Agar senantiasa merasa nyaman dan mendukung keselamatan berlalu lintas, alangkah baiknya bila pengemudi wanita memperhatikan hal-hal penting ini ketika mengendarai mobil matic.

Melatih Gerakan Kaki Ketika Menginjak Rem dan Gas

Ketika mengemudikan mobil matic¸ para wanita harus terlebih dahulu membiasakan kaki untuk menginjak pedal rem dan gas. Tidak seperti mobil manual yang membutuhkan kordinasi kaki kiri dan kanan, mobil matic bisa dioperasikan dengan kaki kanan saja. Kaki harus terlatih berpindah dari pedal rem dan gas dengan cepat dan tepat agar mobil matic bisa dikendarai dengan aman.

Jangan Lupa Menginjak Rem Ketika Berpindah Transmisi

Saat memindahkan tuas transmisi, jangan lupa untuk selalu menginjak rem. Hal ini patut dilakukan untuk menghindari mobil bergerak sendiri ketika transmisi dipindahkan. Lalai menginjak rem saat memindahkan tuas transmisi sangat membahayakan keselamatan lalu lintas ketika berada di jalanan yang padat.

Jika Harus Berhenti di Tanjakan

Jika harus berhenti di tanjakan yang curam, pindahkan tuas transmisi ke L (Low). Tuas yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan persneling pertama pada mobil manual. Tuas L akan membuat mobil matic bisa menanjak dengan lancar dan tanpa membebani mesin.

Berkendara Secara Lancar di Jalan Bebas Hambatan

Kondisi jalan yang lengang dan bebas macet membuat pengemudi wanita bisa menambah kecepatan saat mengemudi. Gunakan transmisi D (Drive) untuk mengemudi di jalanan yang lancar. Namun usahakan untuk tidak terlalu sering menginjak gas secara spontan agar penggunaan bahan bakar mobil matic tetap hemat. Jika mobil matic memiliki fitur overdrive, aktifkan fitur tersebut untuk menjaga kecepatan mobil matic pada transmisi tertinggi.

Pengetahuan tentang cara mengemudikan mobil matic yang benar membuat aktivitas berkendara semakin aman dan nyaman bagi kaum wanita. Dengan mengendarai mobil kesayangan secara mandiri, rutinitas sehari-hari pun bisa diselesaikan secara cepat dan efektif. Selamat mengemudi!

Sumber:

  • tipslogi.com/post/read/1886/tips-aman-saat-mengendarai-mobil-matic.html
  • otomotif.news.viva.co.id/news/read/427662-tips-nyetir-mobil-matik-untuk-pemula
  • oto86.com/bagaimana-cara-mengendarai-mobil-matic-dengan-benar-bagi-pemula/
  • mobilku.org/2014/05/tips-mengemudi-mobil-matic.html

Share on Facebook4Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0