Tips Mendaki Gunung Papandayan

Ingin bepergian dengan mobil mitsubishi pajero sport-mu? Well, mungkin Gunung Papandayan bisa menjadi lokasi wisata yang tepat untuk mencicipi mobil barumu itu. Gunung yang terletak tak jauh dari Garut itu memang masih bisa ditempuh dengan jarak yang lumayan jika dari Jakarta. Jadi, kamu tidak perlu mengajukan cuti di kantor atau bolos kuliah hanya untuk mengunjunginya. Cukup ambil libur di akhir pekan dan kamu siap untuk mengeksplorasi.

mendaki gunung papandayanSebetulnya, untuk menuju Gunung Papandayan ini kamu tidak harus naik kendaraan pribadi, lho. Ada alternatif lain yang bisa ditempuh yaitu dengan menggunakan angkutan umum. Dari Jakarta, kamu bisa naik bus yang menuju Garut dan turun di Terminal Guntur Garut. Dari terminal ini, kamu bisa memilih untuk naik angkutan umum atau mobil pikap untuk mencapai kaki gunung.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Gunung Papandayan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Siapkan logistik pendakian. Patut diingat meski Gunung Papandayan bisa dibilang hanyalah gunung yang tidak terlalu tinggi dan masih bisa ditempuh dengan trekking beberapa jam saja, minuman dan makanan adalah hal yang penting untuk dibawa karena itu bisa menjadi sumber energi kamu saat mendaki. Persiapkan logistik secukupnya dan kalau logistik yang dibawa masih kurang, kamu bisa membelinya di Pasar Cisurupan yang dilewati saat hendak menuju kaki gunung.
  2. Usahakan untuk memakai sepatu yang nyaman. Tidak perlu sepatu yang khusus untuk naik gunung, sepatu apa pun asal bertali bisa menjadi pilihan. Jalur yang akan kamu hadapi saat pendakian terdiri atas dua jenis, yaitu jalur dengan bongkahan batu yang licin dan tajam, dan juga jalur dengan tanah gembur. Memakai sepatu bisa melindungi permukaan kakimu dan juga bisa membuat kamu lebih nyaman saat mendaki.
  3. Jangan lupa memakai masker. Beberapa kawah di Gunung Papandayan masih memproduksi gas belerang sehingga disarankan untuk memakai masker. Masker ini berfungsi untuk melindungi kamu dan juga membuat kamu bernapas dengan lebih bebas.
  4. Perhatikan medan saat hendak berfoto. Salah satu tujuan pengunjung ketika mengunjungi lahan pegunungan selain untuk melihat pemandangan yang luar biasa cantik adalah untuk mengabadikannya dalam bentuk foto. Nah, kalau kamu sudah berniat untuk hunting foto dengan peralatan kamera yang kamu bawa, jangan lupa untuk memerhatikan medan tempat kamu berpijak, ya. Pastikan kamu berdiri di atas tanah yang padat dan juga tidak membahayakan diri kamu sendiri.

Nah, itu dia tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat hendak mendaki Gunung Papandayan. Semoga perjalanan kamu menyenangkan dan selamat mendaki!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0