Tips Mencegah Atap Bocor pada Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia kini tidak dapat diprediksi lagi. Perubahan cuaca yang dapat berubah seketika, kadang panas lalu tiba – tiba hujan. Perubahan cuaca yang cepat dan drastis inilah yang dapat menyebabkan atap rumah cepat rusak hingga terjadi kebocoran pada saat hujan.

atap bocorBanyak hal yang dilakukan untuk mencegah atau memperbaiki atap yang bocor. Salah satunya menggunakan Cat Pelapis yang mampu melapisi dan merawat atap menjadikannya lebih awet. Banyak hal lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat atap awet dan terhindar dari kebocoran pada saat musim penghujan datang. Berikut ini beberapa Tips Mencegah Atap Bocor pada Musim Hujan.

  • Gunakanlah Cat Pelapis (waterproof) dan Cat Eksterior. Cat pelapis anti bocor sangat ampuh dalam mencegah dan memperbaiki kebocoran. Pengerjaannya yang cepat dan mudah, menjadikannya menjadi pilihan banyak orang dalam melindungi atap rumahnya.
  • Perencanaan awal pada saat membangun rumah khususnya pada bagian atap. Pilihlah bahan bangunan yang bermutu mulai dari pemilihan kayu ( bila menggunakan kayu ) atau pemilihan rangka atap baja. Pemilihan atap seperti asbes, genteng atau atap lainnya harus dipilih dengan kualitas terbaik.
  • Bila telah terjadi kebocoran walaupun sedikit, sebaiknya segera perbaiki. Air hujan yang terus menerus mengenai rangka kayu atau baja ringan akan membuatnya semakin rusak dan melebar, sehingga kebocoran menjadi semakin besar.
  • Periksa atap sebelum musim datang, bersihkan segera bila terdapat sampah yang dapat menyumbat aliran air. Air yang tersumbat dan tergenang dapat menyebabkan kebocoran.
  • Apabila atap dan rangka atap sudah terlalu parah rusak, maka jalan terbaiknya adalah merenovasi untuk mengganti semua material yang rusak.

Menjaga dan merawat atap sangatlah penting untuk mencegah terjadinya bocor pada saat hujan. Tentunya Anda tidak ingin direpotkan oleh kebocoran yang terjadi sehingga mengganggu kenyamanan dirumah.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0