Tips Memilih Solar Water Heater

Bagi Anda yang menggunakan fasilitas pemanas air tenaga listrik dirumah, pasti merasakan biaya listrik yang dikeluarkan untuk pemanas air sangat besar. Mungkin kini saatnya anda beralih ke pemanas air tenaga matahari atau yang dikenal dengan Solar Water Heater. Solar Water Heater adalah pemanas air yang menggunakan tenaga matahari sebagai energi untuk memanaskan air.

solar water heaterSolar Water Heater membutuhkan penampung atau Storage Water heater yang nantinya berfungsi untuk menyimpan persedian air panas dan menjaga suhu airnya tetap panas. Tetapi sebelum beralih ke solar water heater ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pemanas ini.

  • Pada dasar pemasangan solar water heater berada diatas atap, hal ini bertujuan untuk menangkap sinar matahari. Jadi pastikan atap Anda menangkap sinar matahari langsung pada saat siang hari sekitar pukul 10 pagi sampai 4 sore. Bila Anda tidak memungkinkan untuk dipasang solar water heater, maka dapat diletakkan pada tanah yang terkena sinar matahari langsung.
  • Ketahui dengan jelas apa itu solar water heater, sistem kerja, ataupun jenisnya. Minta informasi ke penjual mengenai jenis water heater yang cocok dengan kebutuhan.
  • Ketahui juga tentang kebutuhan penggunaan air panas yang dipakai. Dan diskusikan dengan penjual dengan demikian tidak akan salah dalam pemilihan solar water heater.
  • Konsultasikan dengan penjual untuk pemilihan dan pemasangan solar water heater. Biasanya pihak penjual / teknisi akan datang ketempat Anda untuk melihat kondisi rumah untuk menentukan jenis dan teknis pemasangannya.
  • Tanyakan harga dan penawaran kebanyak penjual, mungkin Anda dapat memilih penawaran terbaik dari penjual yang lain.
  • Dan yang terakhir adalah perawatan. Perawatan untuk solar water heater sangatlah penting agar dapat berjalan dengan baik. Pilihlah penjual yang menyediakan service perawatan untuk menjamin pemanas dapat bekerja dengan baik.

Pemilihan pemanas air tenaga matahari merupakan pilihan yang hemat di bandingkan dengan penggunaan listrik yang sangat mahal. Namun perlu dicermati untuk pemilihan solar water heater yang tepat agar tidak salah memilih.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0