Tips Memilih Cat Kayu Untuk Kusen Rumah Anda

Tidak hanya tembok, kusen pun membutuhkan cat. Dalam hal ini tentu saja adalah cat kayu yang secara khusus memang diperuntukkan sebagai pewarna media kayu. Perlu untuk diketahui juga bahwa cat kayu memiliki perbedaan dengan cat tembok dari segi tekstur. Cat kayu memiliki daya rekat yang lebih kuat dibandingkan dengan cat tembok. Yang membuat cat kayu memiliki daya rekat yang lebih tinggi karena cat kayu memiliki campuran bahan lateks (getah karet) sehingga teksturnya lebih lengket.

cat kayuMengapa kusen jendela harus dicat? Ini adalah masalah pilihan estetika saja. Ada juga rumah yang membiarkan kusen jendelanya sama sekali tidak di cat. Namun banyak juga penghuni rumah yang menggunakan cat untuk menghias kusennya. Sebagai pilihan alternatif agar terlihat alami, beberapa penghuni rumah juga menggunakan pelitur sebagai pewarna kusen. Hal itu membuat warna kayu asli tidak pudar oleh lapisan warna yang menyelimutinya.

Di bawah ini adalah tips memilih cat kayu supaya anda tidak melakukan kesalahan sewaktu melakukan pengecatan.

  1. Pilihlah Warna yang Sesuaidengan Warna Tembok

Jika anda ingin melihat warna kusen anda terlihat matching dengan tembok, anda harus melakukan sentuhan warna yang sesuai. Misalnya, jika cat tembok anda berwarna putih maka anda bisa menggunakan cat kayu berwarna coklat tua, hitam atau putih (disamakan dengan warna tembok). Ketiga warna tersebut sangat sesuai dengan warna tembok yang putih. Biasanya para tukang sudah mengetahui hal-hal yang sangat fundamental dalam ilmu konstruksi bangunan seperti ini. Jadi, pastikan anda memilih warna yang tepat.

  1. Pilihlah Merk Cat yang Sudah Ternama

Merk cat yang sudah ternama biasanya memiliki kualitas yang sudah terjamin oleh banyak pengguna. Merk seperti Mowilex, Dulux, FTALIT dan Avian adalah merk cat kayu yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan. Anda perlu bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah memiliki pengalaman melakukan pekerjaan pengecatan kusen untuk tau merk cat kayu mana yang paling bagus. Para tukang juga bisa menjadi teman mengobrol anda untuk hal yang satu ini. Kalau dari yang saya tau, FTALIT merupakan cat kayu terbaik yang ada saat ini.

  1. Pilihlah Cat Kayu yang Jenisnya Paling Cocok dengan Kebutuhan

Memangnya cat kayu ada jenis-jenisnya? Ada. Cat kayu secara umum memiliki tiga jenis diantaranya adalah :

  • Cat Solid

Cat solid memiliki nama lain yaitu opaque finish, cat ini cocok untuk kayu yang teksturnya banyak memiliki cacat. Cat kayu jenis ini bisa menutupi bagian-bagian kayu yang cacat tersebut. Cat solid juga tidak berdiri sendiri. Cat ini memiliki dua jenis lagi yaitu cat minyak dan cat duco. Khusus untuk cat duco walaupun banyak digunakan untuk kebutuhan pengecatan di bidang otomotif namun cat ini juga bisa digunakan untuk melapisi kayu. Cara penggunaan cat duco ini juga biasanya menggunakan kompresor angin untuk bisa melakukan pengecatan dengan baik. Berbeda halnya dengan cat minyak yang bisa diaplikasikan menggunakan kuas saja.

  • Cat Transparan Pelitur

Saya sudah sempat membahas sedikit mengenai cat transparan pelitur diatas. Cat ini biasanya digunakan untuk tetap mempertahankan warna kayu yang alami. Tapi sebenarnya ada tujuan lain mengapa cat pelitur ini digunakan yaitu karena sifatnya yang dapat menolak rayap. Pelitur juga tidak mudah rusak akibat terkena sinar matahari (memudar).

  • Cat Efek Khusus

Selain kedua jenis cat kayu diatas, ada juga cat kayu yang memiliki efek khusus. Cat kayu jenis efek khusus ini bisa menghasilkan beberapa efek warna seperti tekstur granit, kesan antic atau retak-retak bahkan ada yang bermodel besi tempa. Sesuaikanlah model efek khusus yang ingin anda gunakan dengan kebutuhan anda. Kalau anda ini adalah tipe orang yang artistik, anda bisa menggunakan cat ini. Namun, jika anda adalah orang yang cenderung kurang menyukai hal-hal yang unik maka anda sebaiknya menggunakan cat kayu biasa saja. (leo)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0