Tips Memilih Aki Motor Terbaik

Bicara tentang aki motor, tentu ini berhubungan dengan sistem kelistrikan yang menjadi faktor penting ketika berkendara. Apalagi ketika berkendara di malam hari, di mana kendaraan roda dua akan membutuhkan lampu sebagai penerang jalanan. Nah sebagai penyokong semua komponen kelistrikan adalah aki, di mana kini ada peraturan baru yang mengharuskan semua pengendara khusus nya sepeda motor untuk menyalakan lampu baik pagi, siang dan malam.

tips memilih aki motorKini banyak merk dengan harga aki motor terbaik yang diproduksi dan beredar di pasaran kini bisa dipilih untuk untuk membantu menjaga komponen kelistrikan tetap berjalan dengan baik. Ditambah kini banyak produsen sepeda motor yang menambahkan fitur-fitur canggih dan juga inovasi lainnya. Sehingga ini membutuhkan performa aki yang optimal, terutama untuk mesin motor yang menggunakan sistem injeksi seperti motor matic yang sudah pasti membutuhkan sistem kelistrikan yang stabil.

Motor matic dengan sistem injeksi memang memiliki performa mesin yang cukup baik. Sehingga untuk mempertahankan performa motor menjadi lebih kencang, irit dan lincah dalam bermanufer maka diperlukan perawatan aki secara berkala. Selain itu ketika memilih aki motor baru juga harus teliti, tidak hanya teliti saja berikut ini ada beberapa Tips Memilih Aki Motor Terbaik :

  • Usahakan hindari untuk membeli aki motor rekondisi. Ini penting, jangan membeli aki khususnya aki baru ditempat-tempat yang tidak jelas seperti bengkel yang memang tidak khusus menjual aki dan hanya menjual aki rekondisi atau bekas pakai. Padahal aki rekondisi ini hanya aki bekas pakai yang bisa digunakan namun dicharger ulang saja. Tentu dengan menggunakan aki rekondesi ini malah akan merusak suplai kelistrikan, akibatnya tarikan motor kurang optimal dan komponen lain nya juga kurang optimal seperti lampu send an indicator bensin.
  • Pilih jenis aki yang pas. Perlu diingat jika jenis aki ada dua macam, aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki motor tersebut harus benar-benar dipahami oleh setiap pengguna sepeda motor. Perbedaan aki basah dan kering untuk motor tentu akan terlihat jelas jika kita melihat bentuknya. Memang untuk motor yang menggunakan teknologi injeksi disarankan menggunakan aki kering untuk lebih optimal performa mesin motornya.
  • Perhatikan akan kapasitas aki motor tersebut. Setiap jenis aki yang beredar di pasaran baik aki kering maupun basah tentu akan memiliki kapasitas serta ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, cobalah untuk mencermati dan lebih teliti sebelu membeli aki motor baru dengan lebih memperhatikan pada bagian amper, ukuran, dimensi dan juga kapasitas tegangan. Usahakan jangan melebihi kapasitas dan tegangan yang telah menjadi standar dari pabrikan. Ini lebih karena akan mempengaruhi kinerja kelistrikan motor meskipun tidak secara langsung.
  • Cek juga merk dan garansi yang diberikan oleh setiap merk aki. Perumpamaan menyatakan bahwa “merk bagus tentu tidak akan bohong kualitasnya”. Ini sudah pasti, oleh karena itu pilihlah merk aki motor  yang memang banyak direkomendasikan atau sesuai dengan jenis motor yang Anda miliki.

Semoga tips memilih oli motor terbaik ini bisa menjadi rekomendasi ketika bingung mencari pelumas untuk mesin motor Anda. Baca juga informasi tentang info oli motor. Selamat memilih! -apuy-

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0