Tips Membuat Teh Daun Sirsak

Daun Sirsak kini mulai banyak di perbincangkan sebagai obat untuk Kanker yang ampuh. Keampuhan daun sirsak sudah banyak dibuktikan melalui banyak penelitian ynag mengungkapkan keampuhannya. Untuk konsumsi daun sirsak sebagai obat, biasanya telah banyak tersedia dalam bentuk teh dan banyak dijual dipasaran. Namun bagi yang ingin membuat teh daun sirsak sendiri, hal ini cukup mudah untuk membuatnya.

teh daun sirsakBerikut ini Tips membuat teh daun sirsak

  • Sortasi

Ini adalah proses pemilihan daun sirsak, pilihlah yang berkualitas baik dari bentuk dan daun tidak terlalu muda atau tua.

  • Pencucian

Cuci daun sirsak dengan air bersih untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel.

  • Penirisan

Setelah dicuci bersih, tiriskan daun sirsak untuk menghilangkan air dari sisa pencucuian.

  • Pemotongan atau perajangan

Setelah daun sirsak ditiriskan, rajang daun sirsak menjadi kecil-kecil. Hal ini dapat membantu proses pengeringan dan memudahkan sari kandungan pada daun sirsak dapat mudah keluar.

  • Pengeringan

Setelah daun sirsak dirajang, maka selanjutnya daun dapat segera dikeringkan dengan bantuan sinar matahari selama 3-4 hari sehingga memiliki kadar air dibawah 8% dan harus dibolak-balik setiap 4 jam sekali agar proses pengeringan merata. Bila ingin lebih cepat dalam proses pengeringan, dapat menggunakan oven dengan suhu 60 derajat Celcius selama 30 menit.

Demikianlah proses pembuatan Teh Daun Sirsak yang dapat digunakan sebagai obat untuk kanker. Semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0