Tips Melepas dan Membersihkan Stiker di Mobil

Stiker merupakan salah satu aksesoris  kendaraan, baik mobil maupun motor yang banyak digemari. Aksesoris ini merupakan aksesoris murah yang mudah terjangkau semua kalangan, apalagi saat ini sudah banyak vendor cetak stiker di Jakarta yang memungkinkan kita untuk memesan stiker dengan beragam desain unik dan lucu sesuai selera yang diinginkan. Namun, akesoris stiker pada kaca dan mobil ini kadang meninggalkan masalah berupa bekas lem pada saat kita hendak mengganti stiker ini dengan stiker yang baru.

Masalah tersebut tentunya tidak bisa dianggap enteng, mengingat bekas lem stiker cara melepas stiker pada mobilini bisa membuat kaca dan body mobil terlihat kotor dan kumal. Jangan sedih dulu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melepas stiker dengan mudah sekaligus menghilangkan noda bekas lem tersebut, di antaranya:

Stiker pada kaca mobil

Stiker kertas

Untuk melepaskan stiker, terutama stiker kertas, pada kaca mobil dengan lebih mudah, pertama basahi stiker tersebut dengan air atau minyak kayu putih dan tinggalkan selama beberapa menit. Ini agar air dan minyak kayu putih tersebut meresap dan membuat lapisan lem tersebut menjadi lemah dan mudah untuk dilepas. Bila perlu, gunakan kain atau kapas untuk membantu melepas sisa-sisa kertas stiker.

Sementara untuk bekas nodanya, oleskan silicon wax atau car polish pada bagian yang lengket. Setelah didiamkan sebentar hingga cairan tersebut kering, gosok dengan tissue atau kain kap berstektur lembut.

Stiker plastik

Stiker jenis ini lebih mudah dilepaskan dibandingkan dengan stiker kertas. Stiker ini cukup dilepaskan seperti biasa kemudian untuk menghapus bekas lemnya, sama seperti pada stiker kertas, oleskan silicon wax pada kaca. Setelah kering, gosoklah dengan lap lembut atau tissue untuk menghilangkan bekas wax.

Stiker pada bodi mobil

Stiker yang terpasang pada mobil ini memang lebih sulit dilepas dan membutuhkan usaha yang lebih ekstra karena salah sedikit kita bisa membuat bodi mobil tergores. Ada beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk membantu melepas stiker ini, di antaranya:

Hair dryer

Panas dari hair dryer yang diarahkan pada stiker bisa membuat daya rekat lem berkurang dan mudah dilepas. Caranya, cukup arahkan hair dryer ke arah stiker yang ingin dilepas hingga lem stiker terasa melunak dan cukup mudah dilepas. Mulailah melepas dari satu arah, misalnya dari ujung kanan atas ke kiri bawah.

Kuku

Ya, kuku kita bisa jadi alat bantu melepaskan stiker. Cukup cungkil ujung stiker dengan kuku dengan hati-hati kemudian tarik secara perlahan hingga semua stiker terangkat.

Spray

Bila ingin cara yang lebih mudah lagi, kita juga bisa mengunakan spary khusus untuk melepas stiker yang dijual di toko-toko.

Sementara untuk membersihkan bekas lem pada bodi mobil, bisa juga digunakan silicon wax atau tar remover yang mudah ditemukan di toko-toko aksesoris atau bengkel mobil.

Perlu diingat, saat stiker dilepas biasanya warna catnya akan menjadi berbeda dengan warna pada bagian lainnya. Jangan khawatir dulu, karena lambat laun warnanya juga akan menjadi sama seperti bagian lainnya. Tapi, kalau tidak mau menunggu lama, maka kita bisa membawa mobil ke salon mobil untuk dipoles lagi. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0