Tips Kesehatan Untuk Orang Sibuk

Salah satu ciri khas kehidupan modern ialah kesibukan yang sangat tinggi. Tuntutan pekerjaan yang besar serta kewajiban untuk mengurus keluarga membuat waktu untuk diri sendiri sangat kurang. Akibatnya seringkali kesehatan terabaikan.

Padahal, sikap seperti itu salah. Kesehatan merupakan hal terpenting. Tanpa tubuh yang sehat, Anda tidak akan bisa beraktivitas dengan optimal. Selain itu, Anda bisa mengeluarkan uang besar jika sakit sebagai biaya pengobatan.

Maka, tidak ada salahnya untuk terus menjaga kesehatan di tengah kesibukan yang mendera. Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana sebagai kebiasaan agar menjaga tubuh tetap sehat. Berikut ini beberapa tips kesehatan yang disarankan oleh Health Central dalam mempertahankan kebugaran.

makan disela kesibukan kerjaRencanakan Menu Makanan Jauh Hari

Makanan merupakan sumber energi sekaligus penjaga ketahanan tubuh. Makanan yang sehat akan membantu dalam kesehatan. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, perhatikanlah makanan yang dimakan dengan baik.

            Ada baiknya Anda merencanakan menu makanan jauh hari. Anda dapat memikirkannya sejak akhir pekan. Pilih menu sehat seperti ikan, sayur, atau buah-buahan. Lalu Anda dapat mencari bahan-bahannya pada weekend. Pada minggu berikutnya, Anda bisa memasaknya tanpa perlu repot membeli semua yang dibutuhkan.

Biasakan Sarapan

            Pagi hari biasanya menjadi awal semua kesibukan aktivitas harian. Hal ini sering membuat waktu makan pagi dilupakan dengan beragam alasan. Padahal, sarapan merupakan salah satu tips kesehatan paling penting.

            Makan pagi akan membuat tubuh bisa berkonsentrasi dengan baik. Selain itu, kesehatan lambung juga terjaga. Anda pantang untuk melewatkan sarapan pagi demi menjaga tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Makanlah Kudapan Sehat

            Meski sudah makan sejak pagi, seringkali tubuh masih merasa lapar pada tengah hari. Akibatnya keinginan untuk memakan kudapan muncul. Ini mungkin tidak bisa dihindari, namun Anda dapat menyiasatinya agar tubuh tetap sehat saat memakan cemilan.

            Carilah kudapan sehat.  Hindari yang memiliki kandungan MSG dan lemak yang tinggi. Hal ini mungkin tidak mudah dicari di pasaran. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuat kudapan sendiri sehingga kesehatannya dapat terjaga.

Minum Air yang Banyak

            Air putih sangat penting bagi kesehatan untuk membantu proses hidrasi. Air juga membantu untuk menghilangkan rasa lapar. Namun, kebiasaan minum air dalam jumlah banyak sering terlupakan. Bisa jadi karena bekerja di dalam ruangan dengan AC sehingga Anda merasa tidak haus.

            Padahal, Anda tetap harus minum. Delapan gelas per hari merupakan standar minimal minum air putih. Cobalah untuk menambahnya dengan memperoleh cairan dari minuman sehat seperti teh hijau atau dari buah-buahan.

Jangan Duduk Sepanjang Hari

            Banyak orang yang bekerja di dalam ruangan dengan posisi duduk sepanjang hari. Hal itu mungkin terasa nyaman, namun tidak baik untuk kesehatan. Tips kesehatan yang penting lainnya adalah cobalah untuk tidak duduk sepanjang hari.

            Duduk terus-menerus akan memperlambat metabolisme tubuh. Olahraga yang Anda lakukan pada pagi hari bisa sia-sia belaka jika sesudahnya hanya duduk seharian. Untuk itu, usahakan selalu bangkit dari tempat duduk setiap satu jam sekali lalu bergerak atau berjalan. Selain itu, Anda bisa juga mencoba bekerja sembari berdiri.

Temukan Cara Untuk Bergerak

            Problem kesehatan kerap dipicu oleh gerak tubuh yang minim. Untuk mengantisipasinya, temukan cara atau apa pun untuk memaksa tubuh terus bergerak. Anda bisa mencarinya dalam kegiatan keseharian.

            Contoh ialah memilih menggunakan tangga dibanding lift ketika hendak menuju ruangan lain di kantor. Bisa pula berjalan kaki kala menuju tempat lain. Semua itu penting dilakukan agar tubuh tetap aktif bergerak meski kesibukan mendera Anda.

Hindari Makan Larut Malam

            Makan pada malam hari sebenarnya tidak buruk. Namun, kebiasaan itu berdampak jelek bagi kesehatan jika dilakukan kelewat malam dengan porsi kalori yang besar. Sebab, biasanya orang hanya akan langsung tidur sesudah makan.

            Padahal, hal itu merupakan kebiasaan yang salah. Agar menghilangkan dorongan tersebut, usahakan untuk sarapan atau melakukan kegiatan lain pada malam hari.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0