Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Tidak semua orang senang untuk belajar bahasa lain selain bahasa yang umum digunakan sehari-hari. Padahal, menguasai bahasa lain merupakan hal yang sangat bermanfaat, khususnya bahasa inggris. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pernah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, namun hanya sebagian saja yang benar-benar berusaha untuk lebih mendalaminya. Apalagi, ketika mereka merasa belum membutuhkannya seperti para professional. Sekarang zaman dimana bahasa inggris untuk para profesional sangatlah penting. Sehingga, motivasi untuk dapat lebih mendalami bahasa inggris menjadi tidak terlalu besar.

belajar bahasa inggris pemulaSelain itu, banyak juga yang merasa kesulitan saat awal memulai belajar bahasa inggris, sehingga pada akhirnya tidak tertarik untuk melanjutkan belajarnya selain dalam pendidikan formal (sekolah). Padahal, bahasa inggris ini sangatlah penting untuk dipelajari, apalagi di era globalisasi seperti ini. Supaya tidak merasa terlalu kesulitan saat belajar bahasa inggris, berikut ini merupakan tips untuk mempermudah kita dalam mempelajari bahasa inggris dasar:

  • Aktif latihan
    Mulailah aktif menggunakan bahasa inggris. Jika kita memiliki keluarga atau teman yang pandai berbahasa inggris, ajaklah mereka berbicara bahasa inggris agar terbiasa. Tidak perlu malu untuk melakukan kesalahan, karena mereka pasti akan memahaminya. Berteman dengan orang yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa keseharian juga dapat membantu kita untuk membiasakan diri dengan bahasa inggris.
  • Sering menonton acara berbahasa inggris
    Menonton acara atau film yang menggunakan bahasa inggris juga akan membantu kita untuk membiasakan diri dengan bahasa inggris. Hal ini juga akan membiasakan kita mendengar percakapan bahasa inggris, sehingga kemampuan listening (mendengar) kita dapat meningkat. Jika kita menonton film atau acara yang menggunakan bahasa lain (selain bahasa inggris), usahakan untuk mencari subtitle dengan bahasa inggris. Dengan begini, kita akan menambah kosakota bahasa inggris secara tidak langsung.
  • Sering membaca bacaan berbahasa inggris
    Mulailah membaca buku yang menggunakan bahasa inggris, kita bisa mengawalinya dengan buku bacaan ringan. Misalnya seperti cerpen yang menggunakan bahasa inggris. Jika perlu, sesekali kita bisa membaca bacaan tersebut dengan melafalkannya, ini akan membantu kemampuan reading (membaca) kita. Kita juga bisa melatih kemampuan writing (menulis) dengan latihan menulis ulang bacaan tersebut. (Yv)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0