Tips Ampuh Menyewakan Rumah Anda

Di Indonesia meskipun banyak situasi politik yang menggemparkan, akan tetapi dalam urusan bisnis sewa properti tetap berjalan stabil. Terbukti dengan hasil riset yang menyatakan bahwa meningkatnya permintaan properti lokal seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Indonesia. Bahkan menaiknya tingkat hunian rumah telah terjadi di kuartal kedua tahun 2014 lalu. Di Jakarta, beberapa rumah dijual di Jakarta sub sektor mengalami progress yang signifikan. Terutama untuk tipe serviced apartment yang mengalami lonjakan begitu tinggi yang tercatat dari 4.5 persen hingga menyentuh angka 80.9 persen.

tips-menyewakan-rumahDengan angka ini pasti berpengaruh terhadap tarif sewa rumah yang saat ini berkembang pesat. Nah, bagi anda yang tertarik dan ingin ikut andil dalam bisnis sewa properti ini, langkah berikut bisa anda lakukan.

1. Kalkulasikan Biaya Sewa
Langkah pertama hitung dan kalkulasikan biaya sewa yang akan anda tetapkan. Hitung mulai dari biaya pemeliharaan, hipotek, renovasi, hingga asuransinya. Perlu anda pikirkan dan pertimbangkan kembali pula biaya kerusakan properti yang kemungkinan terjadi dalam masa sewa. Dengan begitu, anda tidak akan merugi bila suatu saat masalah itu terjadi. Namun pastikan pula bahwa biaya tersebut tidak lebih tinggi dari biaya sewanya.

2. Perhatikan lokasi Rumah
Apabila lokasi rumah anda sangat strategis, akan membuat semakin tinggi nilai sewanya. Dalam hal ini, bagaimanapun lokasi rumah adalah fokus utama yang dicari dalam menentukan sewa rumah. Semakin strategis lokasi rumah yang anda punya, akan semakin mahal pula harga sewa yang bisa anda terapkan. Namun perlu diperhatikan pula kondisi rumah dan fasilitasnya.

3. Renovasi Rumah
Upgrade kembali properti anda semenarik mungkin. Sebagai nilai plusnya, terapkan konsep hunian ramah lingkungan atau global warming. Karena tren tersebut kini tengah terjadi di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

4. Cerdaslah dalam beriklan
Cari dan temukan media iklan properti yang berkualitas untuk rumah anda. Gunakan kata-kata yang menarik namun tetap sesuai dengan kenyataan yang ada. Sertakan pula view terbaru dari rumah yang akan anda sewakan.
Demikian tips ampuh untuk menyewakan rumah anda. Semoga dengan membaca tips ini akan memberikan sedikit pengarahan bagi anda yang berniat menyewakan rumah.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0