Tentukan Target Pasar pada Proses SEO

Tidak bisa dihindari bahwa internet saat ini sangat berpengaruh bagi kesuksesan usaha seseorang. Ketika seseorang membutuhkan sesuatu, banyak yang langsung mencarinya melalui search engine seperti google. Melihat kondisinya saat ini, jasa SEO Service Indonesia semakin banyak di butuhkan oleh pengusaha-pengusaha, tidak hanya yang berskala besar saja tetapi juga usaha yang masih berskala kecil. Dengan menampilkan websitenya pada halaman pertama search engine, pengusaha yang masih berskala kecil ini juga dapat bersaing dengan usaha sejenis yang sudah cukup besar.

seo targetSaat menggunakan SEO, banyak yang pada awalnya berfikir bahwa semakin luas jangkauan target pengunjungnya maka akan semakin menyukseskan usahanya. Padahal dengan semakin luasnya target, maka proses SEO akan semakin sulit karena akan ada lebih banyak kompetitor untuk keyword yang sama. Selain itu, tanpa adanya target pasar yang jelas maka pengunjung yang di dapatpun kurang berpengaruh pada peningkatan penjualan. Target pasar SEO yang penting untuk di perhatikan adalah:

• Target Lokasi
Ketika seseorang mencari suatu produk, mereka cenderung akan berusaha untuk mencari di lokasi sekitar mereka terlebih dahulu. Bahkan walaupun mencari melalui internet, lokasi yang terdekat dengan tempat mereka akan menjadi pilihan utama. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah masalah ongkos kirim, karena semakin jauh toko tempat mereka membeli, maka semakin besar pula ongkos kirimnya. Karena itulah sebagian besar orang akan memasukkan nama lokasinya berada pada keyword saat mencari, contohnya seperti “Toko Buku di Jakarta”.

• Segmentasi Produk
Selain target lokasi, penting juga untuk memasukkan nama produk pada keyword, agar pengunjung yang datang ke website kita adalah pengunjung yang memang membutuhkan produk yang kita jual. Jika menggunakan keyword yang terlalu umum, seperti “Online Shop” saja maka tidak akan jelas produk apa yang kita jual dan apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengunjung web kita.

• Segmentasi Pasar
Menentukan pasar yang ingin di tuju juga sangatlah penting. Memberikan keterangan “murah” atau “berkualitas” akan membantu user untuk mencari toko yang menyediakan produk yang sesuai kebutuhan dan kemampuannya. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0