Teladan Bagi Perkembangan Anak

Tumbuh kembang anak harus diseimbangkan antara gizi, nutrisi untuk tubuhnya juga dengan perkembangan mentalnya. Karena dari segi istilahnya saja tumbuh kembang, bukan hanya tumbuh atau pun hanya berkembang, melainkan keduanya. Masa batita, balita, atau sebut saja masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting atau bisa dibilang fundamental bagi kelanjutan hidup sang anak. Oleh karena itu sebisa mungkin sebagai orang tua kita memberikan yang terbaik. Karena dasar kehidupan anak hingga dewasa kelak dimulai sejak masa kanak-kanak.

orang tua dan anak

pic: turnbacktogod.com

Walaupun begitu sebagai orang tua kita tidak usah merasa terlalu dibebani. Ingatlah bahwa tidak ada beban yang tidak sanggup dijalankan oleh seseorang. Masing-masing memiliki takarannya. Ingat pula bahwa setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya. Karena itu anggaplah anak bukan sebagai beban melainkan sebagai tanggung jawab. Orang tua adalah sebuah peran yang harus kita jalankan sebaik-baiknya. Dan jika itu berjalan dengan segala suka duka maupun suka cita, pada akhirnya anak kita akan menjadi kebanggan. Segala jerih payah dan kerja keras kita akan terbayar.

Sebagai orang tua kita harus menunjukan prinsip-prinsip kepribadian seperti itu, kerja keras, tidak mudah menyerah, tekun, gigih, dan seterusnya. Karena hal seperti itu tidak bisa diajarkan pada anak selain dicontohkan. Perkembangan mental karena itu sangat vital bagi kelangsungan tumbuh kembang anak. Orang tua adalah teladan anak-anak. Karenanya jika dalam perjalanannya ada yang salah maka anak tidak dapat disalahkan. Dan jangan khawatir kita pasti bisa menjalaninya, karena orang tua kita dulu pun sudah berhasil mendidik kita sedemikian rupa dan sekarang giliran kita untuk melanjutkan hal tersebut.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0