Suka Wisata Misteri? Jangan Lupa Berkunjung ke Tempat Ini

Apa yang kamu inginkan dari sebuah wisata? Tentunya kamu ingin menikmati dan merasa senang saat melakukannya. Itulah alasannya mereka biasanya mencari tempat wisata yang memiliki suasana menyenangkan seperti gunung atau pantai. Namun ternyata, ada beberapa orang yang justru merasa senang dan rileks saat berwisata ke tempat yang penuh misteri. Bahkan untuk menginap juga banyak dari mereka yang memilih hotel di Jakarta dengan nuansa mistis.

Museum Taman prasastiJika kamu termasuk bagian dari mereka yang senang berwisata mistis, pastikan untuk datang ke beberapa tempat ini saat ke Jakarta:

  • Museum Taman prasasti

Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum cagar budaya peninggalan kolonial Belanda. Berlokasi di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Di dalam museum ini terdapat koleksi prasasti nisan dan miniatur makam khas 27 provinsi di Indonesia. Namun sebenarnya, tempat ini bukanlah sebuah museum biasa melainkan lokasi pemakaman. Yap, museum taman prasasti ini merupakan area pemakaman orang Belanda pada zaman dahulu. Hanya saja, saat dijadikan museum seluruh jenazah yang ada dalam area ini telah diangkat. Ada yang dikembalikan pada keluarga namun ada juga yang dipindahkan makamnya.

Meskipun begitu, dengan keberadaan batu nisan dan banyaknya patung-patung di lokasi ini membuat suasana mistis semakin kuat. Apalagi jika kamu berkunjung ke sini menjelang sore di saat suasana sepi, maka bersiaplah kamu akan semakin merinding berada di area ini.

  • Museum wayang

Sesuai namanya, dalam museum ini terdapat banyak sekali koleksi wayang dari berbagai zaman dan daerah. Tidak hanya wayang dari Indonesia saja, tetapi juga boneka tradisional dari berbagai negara. Seperti sebagian besar bangunan museum yang ada di area Kota Tua, Jakarta Pusat, bangunan museum ini juga merupakan bangunan tua peninggalan Belanda yang beberapa kali dialihfungsikan sebelum akhirnya menjadi museum wayang. Usia bangunan yaang sudah tua ini memberikan nuansa mistis tersendiri, apalagi ditambah dengan banyaknya koleksi wayang yang terdapat di dalamnya. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa terkadang koleksi wayang dalam museum ini bergerak sendiri hingga membuat pengunjung ketakutan. Tidak hanya itu, menurut penjaga museum salah satu ruang dalam museum tersebut, yaitu ruang gamelan, dihuni oleh makhluk gaib yang terkadang suka iseng mengganggu pengunjung yang datang.

Selain dua tempat di atas masih banyak lagi lokasi wisata mistis yang ada di Jakarta. Nah kalau kamu punya referensi wisata, boleh dishare ya! (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0