Strategi Membeli Rumah Yang Di Jual Secara Lelang

Membeli rumah di jual memang tidak semudah membeli makanan di pinggir jalan, apalagi kita akan membeli rumah yang di lelang oleh pihak bank. Maka, ada beberapa yang harus di perhatikan agar kita tidak mendapatkan kerugian yang cukup besar.Harga rumah semakin hari semakin mahal karena pertumbuhan dan kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Sehingga berlomba – lomba untuk membeli rumah, apalagi rumah lelang bank karena sudah dijamin murahnya dan tentu saja memiliki keuntungan. Rumah lelang adalah rumah milik konsumen atau debitur yang ditawarkan oleh pihak bank, karena debitur tidak sanggup membayar dengan kata lain gagal untuk melunasi angsuran pada bank.

membeli rumah lelangRumah lelang memang sudah ada dasar hukumnya dan dijamin keamanannya, akan tetapi untuk berjaga – jaga agar kita tidak rugi, maka ada beberapa strategi yang harus kita gunakan untuk membeli rumah lelang, adalah sebagai berikut:

1.Pastikan Surat – surat

Meskipun bank sudah memastikan dokumen terkait dengan kelengkapan rumah lelang, akan tetapi kita selaku konsumen wajib untuk memeriksanya, apakah rumah yang di lelang mengantongi surat izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat tanah, serta pajak bumi dan bangunan.

2.Survei lokasi rumah

Pihak bank akan memberitahukan rumah lelang melalui media masa atau kantor mereka, pemberitahuan ini memuat informasi yang sangat lengkap. Jika kita berniat untuk memiliki rumah lelang tersebut, maka alangkah baiknya survei rumah yang akan di lelang tersebut. Pastikan rumah tersebut layak untuk kita dapatkan.

3.Tanyakan kondisi rumah lelang

Setelah kita melihat sendiri kondisi rumah tersebut, langkah selanjutnya adalah menanyakan perihal rumah lelang tersebut kepada pihak bank atau tetangga sekitar. Penting sekali mengetahui riwayat rumah tersebut.

4.Pahami dokumen terkait

Jika sudah merasa cocok dan membulatkan tekad untuk membeli rumah tersebut, pahami dulu perjanjian kredit dan akta pemberian hak tanggungan. Dokumen ini sangat penting sekali, karena dokumen ini mengatur perjanjian antara pihak bank dengan pemilik rumah. Jika memang ada perjanjian kesepakatan, itu artinya rumah sudah dipastikan terjamin keamanannya.

Itulah strategi membeli atau mendapatkan rumah di jual dengan cara lelang. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0