Speaker Mobil Coaxial dan Harga Speaker

Ketika berada di dalam mobil, biasanya untuk menghilangkan kejenuhan terutama saat macet adalah dengan mendengarkan musik. Dengan musik, stress dan jenis pikiran lainnya dapat diatasi dengan lebih baik. Pada umumnya, terdapat 2 jenis yang membangun sistem audio yang ada di mobil dan masing-masing diantaranya mempengaruhi harga speaker yang ditawarkan oleh penjual alat output tersebut. Jenis paling umum yang biasanya digunakan adalah coaxial.

speaker mobilFull range speaker atau coaxial memiliki standar tertentu dan masing-masing memiliki harga terbaru speaker yang berbeda. Dalam speaker jenis ini terdapat drive tunggal yang dapat dirancang untuk memproduksi frekuensi tinggi, mid range bahkan untuk nada rendah. Namun, peletakan speaker juga akan mempengaruhi kualitas suara yang diberikan. Jenis speaker mobil yang dapat Anda pilih berdasarkan frekuensi yaitu:

  • Tweeter dengan frekuensi tinggi sekitar 2000-20.000 Hz yang cocok untuk suara panggung.
  • Mid range untuk cakupan frekuensi 300-5000 Hz.
  • Woofer untuk nada rendah dengan frekuensi sekitar 40-250 Hz.

Dengan speaker mobil coaxial, Anda dapat lebih mudah untuk menghemat uang karena memiliki rancangan khusus yang memiliki jenis driver yang sama dengan yang ada dalam speaker komponen utama. Design yang praktis membuat Anda lebih mudah dalam melakukan instalasi. Jenis speaker ini dapat dipergunakan untuk woofer yang dipasang dengan tweeter dalam 1 konus woofer atau woofer dengan mid-range.

Harga speaker untuk mobil yang berkisar Rp 400 ribuan, membuat Anda harus hati-hati dan teliti dalam memilih sehingga Anda tidak membuang uang Anda untuk hal yang percuma. Kelebihan jika menggunakan speaker mobil coaxial adalah kepraktisan atau kemudahan dalam instalasi karena Anda tidak perlu menggunakan crossover serta harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis speaker lainnya. Speaker jenis ini juga menggunakan tweeter terpisah sehingga Anda hanya perlu untuk mengganti kabel alat output tersebut. Namun, kelemahan dari speaker jenis ini adalah kualitas suara dan penyesuaiannya yang susah untuk didapat karena komponen speaker yang menyatu satu dengan yang lainnya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0