Soto Daging Lamongan

Lamongan adalah salah satu daerah pesisir yang termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Seperti kebanyakan daerah lain, lamongan memiliki aneka kuliner yang rasanya khas nusantara. Ada banyak kuliner yang terkenal seperti tahu tek-tek, nasi boranan, wingko babat, dan juga soto lamongan. Ada yang khas dari soto daging khas lamongan, yakni ada tambahan udang sebagai bumbu kuah, jadi tidak hanya terdapat rasa daging di dalam kuah.

Soto LamonganAneka makanan khas Lamongan dapat dijumpai tidak hanya di kota ini, namun juga bisa dijumpai di kota lain. Begitupun juga menu soto daging khas Lamongan yang dapat dengan mudah dijumpai di kota lain. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut ini resepnya:

1. Siapkan bumbu halus yang meliputi bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, jahe yang digeprek, kunyit bakar, ketumbar sangrai, merica, garam, dan royco sapi secukupnya.
2. Rebus daun jeruk purut, batang serai, daun salam, garam, gula, lengkuas. Ambil kaldunya.
3. Goreng udang sampai setengah matang lalu haluskan.
4. Rebus daging dengan air kaldu dan udang yang sudah dihaluskan.
5. Tambahkan santan. Aduk-aduk dan hidangkan.

Soto daging sapi khas Lamongan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk pendamping seperti telur rebus, irisan sayur kol, dan juga taburan koya. Bahan-bahan tambahan ini membuat soto ini lain dari yang lain dan selalu menjadi favorit masyarakat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0