Sinar Ultraviolet Membantu Kegiatan Sehari-sehari

Sinar ultraviolet, atau sinar UV, adalah jenis radiasi elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang di suatu tempat antara cahaya tampak yang bisa ditangkap oleh mata dan sinar-X. Sinar ultraviolet banyak digunakan di seluruh dunia, dalam segala hal dari produksi listrik yang dapat digunakan (sinar matahari yang ultraviolet) dengan banyak kegunaan umum untuk back light.

manfaat sinar ultravioletKegunaan sinar ultra violet ini dapat kita temukan pada semua tempat yang mempunyai alat sun tanning menggunakan lampu ultraviolet untuk menstimulasikan efek dari sinar matahari terhadap kulit telanjang kita. Sama seperti mandi matahari beneran, orang-orang yang menggunakan alat sun tanning untuk mengurangi risiko daripada sengatan matahari secara langsung.

Kebanyakan pemburu juga menggunakan sinar ultraviolet di malam hari untuk mencari dan mengikuti binatang yang terluka akibat tembakan atau busur panah yang dilepaskannya. Hal ini dilakukan dengan memberikan sinar ultraviolet di tanah dan mengikuti jejak darah yang muncul akibat diterangi oleh sinar. Ilmuwan forensik juga akan menggunakan lampu ultraviolet untuk mencari petunjuk di TKP. CD dan DVD menggunakan laser, yang merupakan bentuk sinar ultraviolet, untuk membaca informasi dari disk. Untuk melawan pemalsuan, banyak dokumen pemerintah atau sensitif akan memiliki semacam verifikasi ultraviolet. Dengan kata lain, jika kita memberikan sinar UV di atas uang, kita akan melihat tanda-tanda keotentikan uang bahwa kita tidak akan menemukan uang palsu.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0