Serunya Wisata 3 Pulau dalam 1 Hari

Walaupun selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan ekonomi, namun kota Jakarta masih tetap menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Peran kota Jakarta sebagai pusat perekonomian dan destinasi wisata inilah yang membuat Hotel in Jakarta tidak pernah sepi dikunjungi oleh tamu, baik yang datang untuk urusan bisnis maupun untuk acara wisata.

wisata pulauWalaupun kota ini terlihat sangat modern, namun kota ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang bertemakan alam dan sejarah. Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam bisa mengunjungi hutan mangrove yang berada disekitar Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Bagi wisatawan yang ingin berwisata bertemakan sejarah, kota ini memiliki berbagai museum yang dapat dikunjungi. Bahkan dengan mengunjungi daerah kota tua, wisatawan bisa langsung berkeliling berbagai museum yang ada disana, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Fatahillah dan sebagainya.

Jika wisatawan adalah tipe yang menyukan wisata alam dan sejarah, kota ini juga dapat memenuhi kebutuhan wisatawan jenis ini. Dengan mengikuti kegiatan wisata 3 pulau dalam 1 hari, wisatawan akan mendapatkan kegiatan wisata yang bertemakan alam dan sejarah dalam satu lokasi. Sesuai namanya, dalam wisata ini, wisatawan akan di ajak menyebrangi laut untuk mencapai 3 pulau, yaitu pulau onrust, pulau cipir dan pulau kelor. Kenapa dikatakan sebagai wisata sejarah? Berikut ini penjelasannya:

  • Pulau Onrust

Pulau ini dulu sempat dijadikan pelabuhan VOC sebelum dipindahkan ke Tanjung Priuk. Selain itu, pulau ini juga dijadikan markas tentara Belanda sebelum masuk ke Kota Jakarta dan dijadikan lokasi untuk bongkar muat logistik perang. Pada tahun 1930 pulau ini sempat dijadikan Asrama Haji.

  • Pulau Cipir

Pada abad ke-19 pulau ini adalah tempat karantina jemaah haji yang menderita suatu penyakit. Pulau ini dipenuhi oleh reruntuhan bangunan Rumah Sakit, dan disalah satu sudut pulau terdapat sebuah jembatan yang sudah putus. Jembatan ini dulu digunakan sebagai penghubung ke Pulau Onrust dan untuk mengevakuasi jemaah haji yang menderita sakit dari Pulau Onrust ke Pulau Cipir.

  • Pulau Kelor

Pada Abad ke 17 saat menghadapi serangan Portugis, Belanda membangun sebuah Benteng di Pulau ini. Selain Benteng peninggalan Belanda di sini juga terdapat Galangan Kapal, dan Kuburan Kapal Tujuh. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0