Senar Untuk Gitar Akustik

Senar merupakan hal yang penting untuk sebuah Gitar Akustik. Namun, bagi seseorang yang memainkan alat musik ini hanya untuk bersenang-senang terkadang tidak terlalu memperhatikan senar yang digunakan untuk gitarnya. Selama suara yang dihasilkan sudah cukup bagus dan nyaman dimainkan, bagi mereka itu sudah cukup. Padahal, senar sangat berpengaruh dan menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Karena itulah, bagi pemain gitar yang sudah profesional biasanya tidak akan sembarangan dalam memilih senar gitar yang akan digunakannya.

jenis senar gitarBerdasarkan dari bahan pembuatannya, senar gitar dapat terbagi menjadi 2 jenis:

  • Nilon

Senar ini terbuat dari bahan nilon. Nilon merupakan sebuah polimer yang terbentuk dari asam adipat dan heksana diamin, dan termasuk kedalam serat sintetik. Nilon merupakan sejenis plastik yang cukup kuat. Senar ini, mudah untuk dimainkan dan umumnya digunakan untuk gitar klasik yang memiliki bahan lebih lunak. Jika gitar selain gitar klasik (yang memiliki bahan keras) menggunakan senar nilon, maka suara yang dihasilkan tidak akan bagus. Bagi yang senang memainkan musik klasik atau latin, gitar klasik dengan senar ini merupakan pilihan yang sesuai. Selain itu, bagi yang memiliki ukuran jari cukup besar atau gemuk, gitar klasik akan lebih sesuai, karena jarak antara senar lebih renggang sehingga lebih mudah untuk dimainkan.

  • String

Senar ini terbuat dari bahan baja dan cukup keras. Karena itulah, bagi pemain gitar pemula, seringkali jarinya akan terluka pada awal-awal permainan. Namun, setelah beberapa minggu, jari tangan akan kapalan dan tidak akan terluka lagi saat memainkan gitarnya. Senar ini digunakan pada jnis gitar selain gitar klasik. Karena bahan ini cukup keras, maka body gitarpun harus terbuat dari bahan yang kuat dan keras. Jika Senar ini dipasang pada gitar klasik, tidak hanya akan membuat suara yang dihasilkan menjadi fals juga dapat membengkokan neck gitar. Senar string ini lebih mudah untuk dibersihkan bila dibandingkan dengan senar nilon. Gitar dengan senar string, biasanya digunakan untuk memainkan musik jenis rock atau country. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0