Sejarah Kartu Kredit

Tahukah kamu tentang sejarah asal mulanya kartu kredit diciptakan ? Kartu Kredit adalah alat pembayaran yang berupa kartu dimana setiap pembayaran ditanggung dahulu oleh pihak penerbit kartu dan pemilik kartu dapat membayar tagihannya ke penerbit kartu tersebut dengan jangka waktu yang telah disepakati. Kartu kredit biasanya diterbitkan oleh pihak perbankan atau badan pembiayaan. Kartu kredit pertama kali di gunakan di Amerika sekitar tahun 1920 dan hanya bisa digunakan dibeberapa tempat pengisian bahan bakar (SPBU) dan departemen store dan ini berupa kartu anggota.

sejarah kartu kreditKartu kredit mulai diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 1946 oleh seorang bankir yang bernama John Biggins dari Flatbush National Bank of Brooklyn salah bank di Amerika. Sistem ini dikenal dengan nama “Charge-It” dimana pihak bank mengeluarkan kartu yang dapat digunakan oleh nasabahnya untuk berbelanja ditoko-toko atau merchant-merchant ( nasabah bank ). Nantinya pihak toko akan memberikan tagihan menggunakan bukti transaksi kepada bank atas transaksi yang dilakukan pemegang kartu ( nasabah ).

Pada tahun 1950 muncul Kartu kredit Diners Club yang di keluarkan pemilik Diners Club, Frank McNamara. Kartu dikeluarkan agar memudahkan para pengguna kartu untuk makanan direstoran tanpa menggunakaan uang tunai. Dalam hal ini restoran memberikan tagihan ke Dinners Club, dan pengguna kartu membayar ke Dinners Club.

American Express pun mengeluarkan kartu kredit pada tahun 1958 dengan istilh kartu AMEX ( American Express ). Bank of America pun tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan kartu Bank Americard yang kini dikenal dengan VISA. Pada tahun 1960 Bank of America kembali meluncurkan kartu yang kita kenal dengan Master Card. Sejak itulah kartu kredit kian mengalami perkembangan dan menyebar kenegara lain seperti Eropa, Arab, Asia dan tentunya Indonesia.

Di Indonesia, kartu kredit pertama kali dikenalkan oleh Bank Duta pada tahun 1980 an yang bekerja sama dengan dengan VISA dan Master Card. Awalnya kartu kredit di Indonesia hanya digunakan oleh para golongan orang kaya / kelas atas yang sering bepergian keluar negeri dimana mereka membutuhkan alat pembayaran yang dapat diterima dibanyak negara. Kini banyak badan perbankan besar di Indonesia yang menerbitkan kartu kredit. Kini kartu kredit di Indonesia bukanlah sesuatu hal yang hanya bisa dimiliki oleh golongan kaya saja. Kemudahan dalam mendapatkan kartu kredit membuat setiap orang dapat memilikinya.  Bagi nasabah kartu kredit pertama kali, banyak iinformsi mengenai kiat bagi pemegang kartu kredit pemula. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memiliki kartu kredit, yaitu pergunakanlah dengan bijak bila tidak ingin tagihannya membengkak.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1