Sejarah dan Perkembangan AC atau Air Conditioner

AC atau Air Conditioner adalah alat rumah tangga yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu ruangan. AC sebenarnya telah digunakan sejak zaman dahulu. Pada zaman Romawi kuno AC sudah digunakan, namun dengan teknologi yang sederhana. Dengan menggunakan penampungan air dan membuat saluran air dan mengalirkannya keseluruh dinding untuk menurunkan suhu ruangan menjadi lebih dingin.

Pada zaman Persia teknik penggunaan AC juga telah digunakan. Teknik yang digunakan hampir sama dengan pada zaman romawi menggunakan penampungan air dan mengalirinya kedinding – dinding dan ditambah dengan menara angin untuk mendinginkan bangunan pada musim panas.

sejarah acPada abad 18 sekitar tahun 1820 seorang ilmuwan asal inggris, Michael Faraday berhasil menemukan sebuah cara untuk mendinginkan suhu ruangan dengan menggunakan gas Amonia. Pada tahun 1844 seorang dokter asal Amerika yang bernama Jhon Gorrie berhasil membuat mesin untuk mendinginkan suhu ruangan dirumah sakit tempat ia bekerja.

Dr Jhon menggunakan hukum fisika dalam menciptakan pendingin ini. Dengan hukum panas yang selalu mengalir dari gas atau cairan yang panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin. Cara kerja mesin tersebut dengan cara memadatkan gas yang disebut kompres sehingga menjadi panas. Setelah itu gas dialirkan ke koil – koil untuk diturunkan tekanannya, sehingga suhunya menjadi udara yang dingin.

Setelah terus melakukan pengembangan pada mesin pendinginnya, akhir pada tahun 1845 Dr Jhon mendapatkan hak paten atas mesin pendingin yang ia buat. Hak paten ini untuk pertama kalinya diberikan untuk sebuah mesin pendingin. Namun sayangnya Dr Jhon Gorrie meninggal pada tahun 1855 sebelum ia dapat menyempurnakan mesin pendinginnya tersebut.

Seorang Insinyur berasal dari New York yang bernama Wilis Haviland Carrier melakukan pengembangan dan penyempurnaan terhadap mesin pendingin yang telah diciptakan Dr Jhon. Namun penggunaan mesin pendingin ini bukan untuk dirumah yang dapat dinikmati oleh manusia, tetapi untuk kepentingan industry dan percetakan pada saat itu.

Penggunaan Air Conditioner untuk perumahan mulai dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama kali digunakan di sebuah rumah di Mineapolis, Minnesota. Hingga saat ini mesin pendingin yang dikenal sebagai Air Conditioner atau AC ini telah berkembang hingga dapat dinikmati saat ini. Baca juga tips Agar LED TV Tidak Mudah Rusak.

Share on Facebook0Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0