Sebelum Mengajukan Pinjaman Uang, Coba Perhatikan Hal Ini Ya

Kegiatan pinjam uang memang bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan. Sebab untuk berbagai alasan, semua orang termasuk kamu salah satunya, pasti akan tiba di satu titik di mana kamu membutuhkan uang dan harus mengajukan pinjaman. Entah itu untuk keperluan pribadi, keperluan bisnis, untuk biaya pengobatan, atau bahkan untuk biaya KTA, misalnya.

pinjaman uang onlineJika suatu saat kamu ingin mengajukan pinjaman uang, jangan lupa untuk memerhatikan hal berikut ini:

  1. Jangan sembarangan pilih lembaga peminjaman uang. Meskipun kamu sedang kepepet dan sangat membutuhkan uang, kamu harus tetap bisa berpikir jernih dan mengecek lembaga peminjaman uangnya. Selidiki dulu apakah lembaganya memang kredibel dan dijamin pemerintah. Dengan begitu, kamu pun akan merasa lebih tenang dalam menjalani transaksi.
  2. Cek bunga pinjamannya. Setelah menentukan lembaga peminjaman uang yang kredibel, hal selanjutnya yang bisa kamu cek adalah bunga pinjamannya. Bunga pinjaman pasti ada di setiap lembaga peminjaman, namun persenannya pasti berbeda. Untuk itu, cek apakah bunga pinjamannya masih masuk akal dan hitung total dana yang harus dikembalikan beserta bunganya. Pastikan kamu bisa mengembalikannya tepat waktu dan total pinjamannya tidak melebihi jumlah yang bisa kamu bayar. Jangan lupa pula mengecek bagaimana sistem peminjamannya. Sebab ada pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan. Selidiki dengan baik, ya.
  3. Jangka waktu peminjaman. Pertimbangkan hal ini: apakah kamu hendak mengembalikan uang yang dipinjam sekaligus atau diangsur? Jika membayar semuanya, kapan kamu bisa mengembalikannya? Dan kalau diangsur, mau berapa lama? Semakin panjang jangka waktu peminjaman, maka semakin kecil juga jumlah angsurannya. Namun disarankan jika memang mampu, lebih baik pilih jangka waktu pendek sehingga kamu bisa segera terbebas dari hutang.
  4. Dana untuk membayar hutang. Setelah semua step dan step di atas diperhatikan, yang selanjutnya perlu menjadi bahan pertimbangan adalah dana untuk membayar hutang. Ini penting untuk dicek sebelum mengajukan pinjaman agar kamu tidak terjebak di masa depan. Buat perhitungan pemasukan setiap bulan dan berapa jumlah dana yang tersisa di luar biaya hidup. Jumlah dana itulah yang bisa kamu gunakan untuk membayar cicilan hutang setiap bulannya. Untuk itu, seperti yang sudah dibahas di atas, disarankan untuk tidak mengajukan pinjaman di luar yang bisa kamu bayar.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum mengajukan pinjaman uang. Jika memang kebutuhannya masih bisa ditunda, sebaiknya hindari meminjam uang agar tidak menimbulkan kesulitan di masa depan, ya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0