Rumah untuk Kenang David Bowie

Kematian David Bowie beberapa waktu lalu memang mengguncang publik dunia. Bintang rock veteran asal Inggris itu mengembuskan napas terakhirnya di bulan Januari 2016 setelah berjuang melawan kanker. Berita ini marak dibicarakan di media cetak, media online, hingga tayangan yang muncul di tv kabel. Dunia pun ramai untuk berlomba-lomba membuat sesuatu untuk mengenang dan menghargai kiprah Bowie di dunia.

Rumah mengenang David BowieTidak hanya industri media dan hiburan saja yang sibuk membuat tribute, nyatanya industri properti pun demikian. Lihat saja dua arsitek bersaudara asal Turki yang merancang sebuah rumah yang superunik dan ditujukan untuk mendiang David Bowie. Sunay dan Gunay Erdem mendesain proyek ini dan sukses menarik perhatian para arsitek dunia karena fiturnya yang out of the box.Nama keduanya memang sudah tidak asing lagi di dunia arsitektur. Mereka telah memiliki setidaknya 40 proyek pembangunan di seluruh dunia dan pernah meraih penghargaan internasional.

Rumah rancangan duo Erdem ini ‘mengambil’ lagu milik Bowie yang dikenang sepanjang masa yaitu “Thru These Architect’s Eyes”. Lagu ini dijadikan inspirasi untuk mendesain bagian eksterior dan interior rumah—bahkan dijadikan sebuah konsep yang di luar batas. Sunay dan Gunay menciptakan sebuah rumah tinggal yang berada di tengah hutan dengan model sarang burung. Pemilihan lokasi dan konsepnya pun bukan tanpa alasan; keduanya berpikir bahwa rancangan rumah ini merupakan kritik atas gedung-gedung tinggi yang memenuhi setiap celah di ibukota. Hal ini juga terlihat dalam video Bowie di lagu tersebut, di mana ia menatap ke atas langit dan berusaha untuk membebaskan diri dari hutan besi. Itu dia yang menjadi titik dasar dari pembuatan rancangan ini.

Desain rumah ini nantinya akan dibangun di antara pohon-pohon tinggi yang berada di kawasan London, tempat Bowie dilahirkan. Luasnya akan mencapai tujuh meter persegi dengan ruang ganda dan satu tempat tidur. Sunay dan Gunay juga akan menyediakan lahan untuk menyimpan dokumen dan seluruh arsip yang berkaitan dengan Bowie. Tidak ada dapur dan kamar mandi di rumah ini karena keduanya ingin membuat interaksi dengan alam.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0